Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Resep Kopi Santan Blora dengan advantage coffee arabica

Kopi adalah minuman yang terbuat dari biji kopi yang disangrai dan digiling menjadi bubuk. Kopi juga bisa menjadi komoditas di dunia yang dibudidayakan oleh lebih dari 50 negara. Dua jenis pohon kopi yang umum dikenal adalah kopi Rio Nunez dan Kopi Arabika. Saat dicampur dengan bahan lain akan menjadi lebih jos minuman kopi ini seperti kopi santan blora.

Santan adalah berupa cairan putih susu yang berasal dari parutan kelapa tua yang dibasahi sebelum diperas dan disaring. Tampilannya yang buram dan rasanya yang kaya karena kandungan minyaknya, yang sebagian besar adalah lemak jenuhnya nantinya akan dicampur ke dalam kopi santan blora

Kopi santan kelapa adalah minuman khas Blora yang diracik dari kopi dan santan. Kopi ini diolah dengan cara kothok yang direbus bersama. Dalam proses pemanggangan, biji kopi juga disangrai bersamaan dengan kelapa yang sudah dipotong sehingga kopi santan blora sangan maknyus.

Sejarah Kopi Santan Blora

Asap mengepul lalu menggulung ke atas. Menyelinap melalui lubang keramik sebuah toko di Desa Jepangrejo, Kecamatan Blora. Seorang wanita sedang sibuk mengatur sebongkah kayu bakar. Di atas kompor ada wajan besar. Biji kopi digoreng di dalam wajan tanah.Wanita di sisi rambutnya mulai memutih perlahan mengaduk kopi di atas kompor. Cukup panjang. Hingga tercium aroma kopinya.

Rukmini digoreng jangan sampai gosong. Setelah matang, biji kopi akhirnya terlepas dari wajan. Dikeringkan di tempat yang sudah disiapkan. Kopi dipertahankan untuk digiling untuk menghasilkan bubuk kopi siap makan. perempuan yang rambutnya dikuncir terus melakukan persiapan lainnya.sebagai bahan kopi santan blora.

Ia menyediakan kelapa yang sudah dikupas. Kelapa parut untuk memberi santan. Setelah satu butir kelapa diparut, lalu diperas menjadi santan bening. Dua adonan sudah siap. Yakni, kopi bubuk dan santan. Rukmini menyiapkan bejana yang terbuat dari aluminium. Letakkan wadah di atas kompor. Tambahkan santan dan haluskan dengan bubuk kopi dengan sedikit gula. menjadi minuman kopi santan blora.Adonan diaduk. “Ini yang sering merusak reputasi,” kata perempuan 60 tahun itu. Rukmini mengaku sudah cukup tujuh tahun meneruskan warisan neneknya. Sejak kecil neneknya sudah membuat santan untuk dijual.'' Awalnya, kata nenek, saya mencoba membuat kopi campur santan untuk berbuka puasa keluarga. 

Namun karena rasanya yang enak dan khas, akhirnya ia tetap membuka usaha kopi santan. kopi santan blora sudah ada sejak beberapa tahun lalu, ”ujarnya.Dijelaskannya, bubuk berry kopi tersebut sebelumnya disangrai dengan potongan kecil kelapa kemudian direbus bersama dengan santan segar dan gula untuk memberikan cita rasa kopi yang benar-benar nikmat.

Kombinasi yang benar-benar menyatu antara kopi, santan segar, dan gula. membuat kopi santan blora, Rasanya beda kalau hanya diseduh, gula dilumatkan dengan cara diaduk, bukan direbus. Santan yang baru diperas juga menambah rasa gurih tertentu. Sekarang sudah banyak warung yang mengunjunginya. Padahal, petugas sudah sering berkunjung ke toko tersebut.

resep kopi santan blora

Bahan kopi santan blora

  • 10 gr kopi
  • 10 gram gula pasir atau gula aren
  • 10 gr santan instan
  • Air dan es batu

Langkah membuat kopi santan blora

  1. Rebus kopi item, saring dan tuangkan ke dalam gelas
  2. Rebus gula aren, saring dan campur dengan kopi
  3. Aduk keduanya, lalu tambahkan santan instan
  4. Agar lebih segar, gunakan es batu.
  5. Keunggulan menurut para ahli penggunaan santan pada kopi memiliki banyak keunggulan.

kopi santan blora
kopi santan blora

Keuntungan dan manfaat dari kopi santan blora adalah

1. Membantu Anda lebih langsing

Tidak semua lemak buruk bagi tubuh. Ada juga lemak baik yang dapat memberikan energi bagi tubuh Anda dan santan termasuk dalam lemak baik tersebut.

Orang yang memasukkan lebih banyak lemak sehat ke dalam makanannya, seperti trigliserida yang ditemukan dalam santan, makan tetapi orang yang tidak mendapatkan cukup lemak.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Santan alias santan mengandung asam laurat, lemak antimikroba, dan asam kaprat yang memiliki sifat antibakteri. Tubuh akan mengubah asam laurat menjadi monolaurin, yaitu zat kekebalan tubuh, yang sangat efektif dalam melawan flu, herpes, dan penyakit lainnya.

3. Kulit dan rambut lebih sehat

Santan sangat bergizi setelah Anda mengkonsumsinya sehingga nutrisi di dalamnya dapat membantu memperkuat kondisi kulit dan rambut Anda juga. Sebagai contoh, asam lemak pada santan merupakan antiseptik alami dan dapat membantu mengatasi ketombe, infeksi kulit, kulit kering dan gatal-gatal.

lokasi kopi santan blora



Warung Kopi Santen Mbah Sakijah Jepangrejo

AlamatUnnamed Road, Jepang Satu, Jepangrejo, Kec. Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah 58219
Jam bukaBuka ⋅ Tutup pukul 21.00Telepon0877-4216-8920

Post a Comment for "Resep Kopi Santan Blora dengan advantage coffee arabica "