Widget HTML Atas

Minuman Legen Tuban Isotonik Alami yang kaya mineral

 Minuman Legen Tuban Isotonik Alami yang kaya mineral,Banyak orang yang belum mengetahui apakah legen ini berasal dari pohon lontar atau pohon aren?

Minuman Legen Tuban Isotonik Alami yang kaya mineral

Buah lontar yang disebut sebagai buah siwalan mempunyai texture mirip dengan buah kolang kaling Cuma perbedaanya buah siwalan lebih besar disbanding dengan buahnkolang kaling. Daging buah berwarna bening keputihan, kalo di pegang kenyal ada airnya didalam dan saat dimakan manis. Kedua buah ini merupakan kelompok fmili tumbuhan Monokotil (Tumbuhan dengan Biji Tunggal).



 Minuman Legen Tuban Isotonik Alami yang kaya mineral

Daging buah siwalan seperti nata de coco atau kelapa lebih tebal, buah kolang kaling banyak di jual di pinggir jalan sepanjang jalan pantura tuban. Karena banyak sekali tanaman pohon lontar di wilayah uban. Dengan tekstur dan koposisi tanah yang mendukung membua pohon lontar tumbung dengan subur. Baik buah maupun air legen banyak mengandung ZAt gizi dan Mineral.

Buah Siwalan bergerombol dalam tandan sekitar 20 butir, bulat peluru berdiameter 7-20 cm, hitam kecoklatan kulitnya dan kuning daging buahnya bila tua. Berbiji tiga butir dengan tempurung yang tebal dan keras. Daging buah yang tua, berwarna kekuningan dan berserat, dapat dimakan segar ataupun dimasak terlebih dahulu. Cairan kekuningan diambil untuk dijadikan campuran panganan atau kue-kue atau untuk dibuat menjadi selai.

 Daging buah Lontar muda yang transparan adalah sumber utama karbohidrat dan juga air. Untuk kadar Protein dan Lemak sendiri tergolong rendah dan memiliki jumlah Kandungan Serat yang sedikit.

 KANDUNGAN AIR LEGEN

Setiap 100gr buah lontar terdapat kandungan nutrisi penting bagi tubuh Anda diantaranya

 Kandungan Gizi Total Total gula 10,93
Gula reduksi 0,96
Protein 0,35
Nitrogen 0,056
pH 6,7-6,9
Specific gravity 1,07
Mineral sebagai abu 0,54
Fosfor 0,14
Besi 0,4
Vitamin C 13,25
Vitamin B1 (IU) 3,9

lontarJenis pohon Siwalan ada dua macam, yang satu bunganya manggar seperti kelapa dan menghasilkan buah yang disebut buah Siwalan. Isinya seperti Kolang Kaling yang empuk, kenyal dan manis. Sedang pohon jenis lainnya hanya berbunga berbentuk sulur dan khusus dimanfaatkan untuk disadap getahnya menjadi Legen. Dua pohon jenis ini saling membutuhkan sehingga dapat berlangsung penyerbukan menghasilkan buah Siwalan yang kelak dapat ditanam menjadi pohon serupa.

 Dari penyadapan bunga pohon Siwalan jenis perempuan yang bunganya berbentuk sulur diperoleh Air Nira yang dikenal juga sebagai Air Legen. Satu pohon Siwalan dapat menghasilkan sekitar enam liter Air Nira.

 Air Legen ini rasanya manis, tapi sayangnya tidak tahan lama karena dalam hitungan beberapa jam saja mengalami proses fermentasi akibat aktivitas mikroba tertentu. Proses penyimpanan yang tepat akan membuat Legen lebih tahan lama sampai 2 hari. setelah lebih dari 2 hari Air Legen akan mengandung alkohol dan menjadi sangat memabukkan yang kemudian dikenal dengan nama “tuak”. Sebaiknya segera Air Legen dikonsumsi setelah penyadapan agar tidak kelamaan dan akhirnya menjadi “tuak” yang memabukkan.

 Air Legen mengandung cairan isotonis yang sanggup menggantikan keluarnya cairan tubuh melalui keringat. Menurut para ahli gizi dan pangan, Air Legen yang manis itu ternyata mampu Memperbaiki Fungsi Ginjal, Mengatasi Gejala Impotensi dan Meningkatkan Produksi Sperma. Makan buah Siwalan dan minum Air Legen bagi sebagian orang mampu Memulihkan Stamina yang mulai menurun. Daging buah Siwalan tua bisa juga diManfaatkan untuk obat Penyakit Kulit.

BEBERAPA MANFAAT AIR LEGEN UNTUK KESEHATAN

SEBAGAI MINUMAN ISOTONIC

Air Legen mengandung cairan isotonis yang mampu menggantikan keluarnya cairan tubuh yang keluar melalui keringat dan mengembalikan elektronik tubuh yang hilang akibat aktivitas sehari – hari

Apa manfaat air legen?

MENJAGA KESEHATAN FUNGSI GINJAL

Legen yang dihasilkan dari pohon Siwalan dipercaya bisa menjaga kesehatan Fungsi Ginjal. Bahkan ada beberapa jenis Legen (tergantung dari kualitas pohon) yang bisa mengobati penyakit Impotensi. namun anda perlu hati hati dalam memilih Air Legen pasalnya banyak juga penjual Air Legen yang telah mencampurnya dengan bahan lain, bukan Air Nira murni.

SEBAGAI OBAT LEVER

Bunga Siwalan atau abu mayang (spadix) dapat digunakan untuk pengobatan sakit Lever. Adapun arang kulit batang digunakan untuk menyembuhkan sakit gigi. Rebusan kulit batang ditambah garam, berkhasiat sebagai obat pembersih mulut.

SEBAGAI OBAT KULIT (DERMATITIS)

Bagian buah tua dapat digunakan sebagai obat kulit (Dermatitis), akar yang terdiri atas ekstrak akar muda untuk melancarkan air seni dan obat cacing. Rebusan akar muda (decontion) untuk mengobati penyakit yang terkait dengan pernapasan.

Legen itu halal apa haram?

Nira mudah mengalami fermentasi karena mengandung mikroba yang sangat aktif. Proses peragian pada nira menjadi alkohol oleh mikroorganisme yang merupakan suatu cemaran pada minuman ini. Nira yang terlambat dimasak warnanya berubah menjadi keruh dan kekuningkuningan, rasanya masam, dan baunya menyengat .

Minuman legen Apakah mengandung alkohol?


Pada fermentasi alkohol, Jenis ragi dari genus saccharomyces seperti saccharomyces merupakan mikroorganisme yang dikenal dapat memfermentasi gula (glukosa) menjadi alkohol dan CO2.Ada dua spesies khamir yang dapat tumbuh pada nira siwalan, tetapi yang merupakan khamir utama dalam proses fermentasi nira adalah sacharomyyces cerevisiae dan Sacchoromyces carlbergensis.

Mengapa kita dilarang minum legen yang telah disimpan beberapa minggu? 

Pada umumnya para petani telah melakukan pengawetan dengan cara secepatnya mendidihkan nira setelah melakukan penyadapan dan dengan menambahkan bahan alami seperti laru janggut, kulit pohon manggis, buah manggis yang masih muda, kulit pohon kosambi, dan kayu pohon nangka.

Sehingga air nira (legen) bisa tahan 2 hari dengan kadar alkohol dibawah 1% .Berdasarkan keputusan Fatwa MUI No.4/2003 tentang pedoman fatwa produk halal alkohol dan turunannya, minuman yang mengandung alkohol di bawah 1 % bukan trermasuk khamr dan halal di minum

Resep Buka Puasa Minuman Legen

Di Rembang orang batalkan puasa dengan minuman alami tradisional. Air getah pohon aren yang legit sedikit asam jadi pemulih energi andalan.

Di Kabupaten Rembang, Jateng, terdapat salah satu minuman khas dan paling diburu guna disajikan sebagai hidangan berbuka puasa. Namanya legen, minuman tradisional yang merupakan cairan getah pohon bogor atau yang akrab disapa pohon aren.

Post a Comment for "Minuman Legen Tuban Isotonik Alami yang kaya mineral"