Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Gurih Renyah Lendre Pisang Bojonegoro

 Bojonegoro merupaan salah satu kota di pulau jawa yang menjadi penghasil minyak, yang termasuk dalam blok cepu. Saat pergi kesurabaya dengan menggunakan kereta kita akan melewati kota ini. Seperti kota kota lain di nusantara, kota bojonegoro juga menpunya makanan khas yang hanya ada di sini. Makanan khas itu antara lain adlah LEDRE PISANG BOJONEGORO.

Apakah makana khas LEDRE itu? Itulah pertanyaan yang ada di benak kita. Ledre merupakan jenis makanan ringan atau camilan dari kota bojonegoro yang bentuknya seperti gulungan dengan aroma dan rasa pisang dengan rasa  manis.

Gurih Renyah Lendre Pisang Bojonegoro

Bentuk ledre menyerupai dengan kue stick roll, astor atau kue semprong, dengan ukuran panjang kurang lebih 20 cm dan berdiameter 1,5 cm. beratnya sangat ringan saat masuk dalam mulut rasa pisang mendominasi dan membuaat ketagihan memamkannya. Rasa ledre sekarang menyesuaikan permintaan sehingga banyak sekali varian rasa ledre, seperti rasa keju, coklat dan stroberi.

Rasa original yaitu rasa pisang raja menjadi pilihan utama pembeli. Daerah kecamatan Padangan Merupakan sentra penghasil Ledre dengan kwalitas yang enak. Di Padangan banyak sekali Produsen maupun penjual ledre, sehingga mudah menemukan kue Ledre ini. Dengan perkembangan teknologi penjulan tidak hanya dilakukan secara manual outlet toko tetapi dilakukan dengan online.

Berikut ResepLedre Pisang Raja Khas Bojonegoro yang Renyah. Ledre ini merupakan  makanan yang terbuat dari campuran tepung terigu sebagai bahan utama, gula pasir, dan tepung beras secukupnya,  dengan yang penting tambahan pisang raja untuk aroma dan rasa. Apakah boleh pisang raja di ganti dengan pisang yang lain. Tentu saja bias, akan tetapi pisang raja mempunyai kelebihan antara lain bentuk dan tekstur juga aroma khusus. Pisang selain menjadi perasa dan aroma juga menjadi icon utama dari ledre. Pisang yang dapat digunakan dalam membuat ledre juga tidak boleh sembarang pisang. Pada umumnya untuk membuat kue ledre ini menggunakan jenis pisang raja yang telah masak. Resep yang digunakan merupakan resep turun menurun dari oarng tua, sehingga hamper semua warga mengetahui resepnya. Tetapi untuk membuatnya perlu keahlian agr tidak gosong saat memanggang dang menggulungnya. Masih penasaran pembuatannya, ayo kita lihat dibawah ini.

Berikut RESEP LEDRE PISANG KHAS BOJONEGORO yang Terkenal

Bahan Ledre Pisang :
• 250 gr tepung ketan
• 250 ml air
• 100 gr gula
• 5 bh pisang raja, lumat kasar
• 1 btr kelapa agak muda, parut kasar
• 1 sendok teh garam
• ½ sendok teh vanili

Taburan Ledre Pisang :
• gula pasir halus secukupnya

Cara Membuat Ledre Pisang :

Masukkan air 250 ml kemudian masukkan gula ,garam dan vanili rebus hingga semua menyatu.

Kelapa muda yang telah di parut dimasukkan kemudian api di matikan
masukkan tepung ketan saat kondisi masih panas supaya adonan kental

Masukkan 2 sdm adunan pada wajan anti lengket tekan tekan sehingga bentuknya pipih dengan ketebalan ½ cm. Beri 1-2 sendok makan pisang raja yang telah dilumatkan. Ratakan, taburi dengan gula pasir halus.tunggu sebentar sampai matang

Bila warna sudah kecoklatan lipat ledre dan sisihkan

Hidangkan dengan minuman the atau kopi untuk menikmati

 


TIPS & TRIK:

Kulit ari pada kelapa harus dibersihkan sebelum di parut. Pisang raja pilih yang benar-benar matang dan bentuknya besar. Kalau tidak, biasanya berasa pisang sepet, kelat di lidah.

Demikian Resep pembuatan LEDRE PISANG dari BOJONEGORO, Semoga Menambah Resep Kita

Post a Comment for "Gurih Renyah Lendre Pisang Bojonegoro"