Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Soal UKKJ Guru Muda

Berikut ini adalah contoh soal UKKJ untuk Guru Muda

1.      Seorang guru pertama perlu mengintegrasikan berbagai aspek pembelajaran dalam suatu proyek kolaboratif. Bagaimana guru tersebut dapat melakukan integrasi tersebut?

a.      Menugaskan tugas terpisah kepada setiap siswa tanpa adanya koordinasi

b.      Memimpin dan mengkoordinasikan diskusi kelompok agar siswa dapat saling berbagi ide dan pemikiran

c.       Mengabaikan kontribusi siswa lain dan fokus pada kontribusinya sendiri

d.      Menghindari kolaborasi dan bekerja sendiri untuk menghindari kesalahan siswa.

2.      Seorang guru pertama ingin menyampaikan instruksi dengan jelas kepada siswa – siswanya. Apa yang harus diperhatikan dalam komunikasi yang efektif?

a.      Menggunakan bahasa teknis yang sulit dipahami oleh siswa

b.      Mengabaikan pertanyaan atau kekhawatiran siswa

c.       Menggunakan contoh dan illustrasi yang relevan

d.      Menghindari menggunakan media atau alat bantu komunikasi

3.      Seorang guru muda ingin meningkatkan hasil belajar siswanya. Apa yang perlu dilakukan untuk mengembangkan orientasi pada hasil?

a.      Fokus pada metode pengajaran yang sesuai dengan gaya belajar siswa.

b.      Membiarkan siswa menentukan sendiri tujuan pembelajaran mereka

c.       Mengabaikan hasil evaluasi siswa dan hanya fokus pada materi yang diajarkan

d.      Melupakan pentingnya mengukur kemajuan siswa

4.      Seorang guru muda ingin mengembangkan diri dan membantu rekan kerjanya dalam mengingkatkan kompetensi. Apa yang dapat dilakukam untuk mencapai tujuan tersebut?

a.      Memprioritaskan kepentingan diri sendiri daripada pengembangan rekan kerja

b.      Menolak untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan rekan kerja

c.       Mengikuti pelatihan dan menghindari seminar yang relevan

d.      Tidak peduli dengan kemampuan dan pengembangan diri rekan kerja

5.      Seorang guru pertama diharapkan pada perubahan kurikullum yang signifikan. Bagaimana cara mengelola perubahan tersebut?

a.      Menolak untuk menerima perubahan dan tetap mempertahankan metode pengajaran yang lama

b.      Melibatkan semua pihak terkait dalam proses perencanaan dan implementasi perubahan

c.       Menghindari komunikasi dengan siswa dan rekan kerja tentang perubahan tersebut

d.      Mengabaikan dampak perubahan dan proses pembelajaran

6.      Seorang guru muda diharapkan pada situasi diman ia perlu mengambil keputusan penting terkait strategi pembelajaran. Bagaimana cara yang tepat untuk mengambil keputusan tersebut?

a.      Mengandalkan keputusan orang lain tanpa pertimbangan yang matang

b.      Mengabaikan informasi yang relevan dalam proses pengambilan keputusan

c.       Mempertimbangkan berbagai opsi dan dampak yang mungkin terjadi

d.      Mengambil keputusan secara acak tanpa pertimbangan yang jelas

7.      Apa yang harus dilakukan seorang guru muda untuk memperoleh pengetahuan dan ketrampilan yang diperlukan dalam menjalankan tugasnya?

a.      Melakukan penelitian tentang topik pendidikan terkini

b.      Bergabung dengan organisasi guru di tingkat nasional

c.       Mengikuti pelatihan dan pengembangan profesional secara teratur

d.      Mengandalkan pengalaman kerja saja

8.      Apa yang dimaksud dengan refleksi diri dalam konteks pengembangan profesional seorang guru muda?

a.      Mengevaluasi kinerja siswa secara berkala

b.      Merenungkan dan mengevaluasi praktik pengajaran sendiri

c.       Menyusun rencana pembelajaran secara rinci

d.      Membandinkan hasil belajar sisea dengan sekolah lain.

9.      Bagaimana seorang guru muda dapat meningkatkan hubungan dengan orang tua siswa?

a.      Menghindari interaksi dengan orang tua siswa

b.      Mengirimkan laporan perkembangan siswa secara teratur

c.       Mengadakan pertemuan reguler dengan orang tua siswa

d.      Menyalahkan orang tua sisea jika hasil belajar rendah

10.  Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan peserta didik. Faktor utama yang mempengaruhi perkembangan kognotif anak adalah …

a.      Inspirasi

b.      Budaya

c.       Instruksi

d.      Pengasuhan dan lingkungan

11.  Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah – kaidah logika tapi masih terikat dengan objek – objek bersifat konkrit merupakan ciri – ciri krmampuan berusia

a.      0 – 2 tahun

b.      2 – 7 tahun

c.       7 – 11/12 tahun

d.      11/12 – 14/15 tahun

12.  Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan…

a.      Kognitif

b.      Sosial

c.       Emosional

d.      Moral

13.  Pemecahan masalah dengan cara perundingan yaitu dengan metode ..

a.      Akomodasi

b.      Kompromi

c.       Kolaborasi

d.      Kompetisi

e.      Remisi

14.  Yang termasuk unsur – unsur kebudayaan yaitu …

a.      Peralatan

b.      Bahasa dan tarian

c.       Bahasa dan kesenian

d.      Trmpat wisata dan sitem keagamaan

15.  Menurut E.B Taylor kebudayaan merupakan ..

a.      Kemampuan seluruh anggota masyarakat

b.      Seperangkat peraturan san norma yangmemiliki bersama oleh anggota masyarakat

c.       Keseluruhan yang komplek yang didalamnya terkandung pengetahuan, moral, hukum, adat istiadat yangdi dapat oleh seseorang

d.      Hal hal yang bersangkutan dengan budi dan akal

e.      Hal – hal yang bersangkitan tingkah laku


Post a Comment for "Soal UKKJ Guru Muda"