Soal UKKJ Guru Muda
Berikut ini adalah contoh soal UKKJ untuk Guru Muda
1. Seorang guru pertama perlu
mengintegrasikan berbagai aspek pembelajaran dalam suatu proyek kolaboratif. Bagaimana
guru tersebut dapat melakukan integrasi tersebut?
a. Menugaskan tugas terpisah kepada setiap
siswa tanpa adanya koordinasi
b. Memimpin dan mengkoordinasikan diskusi
kelompok agar siswa dapat saling berbagi ide dan pemikiran
c. Mengabaikan kontribusi siswa lain dan
fokus pada kontribusinya sendiri
d. Menghindari kolaborasi dan bekerja
sendiri untuk menghindari kesalahan siswa.
2. Seorang guru pertama ingin
menyampaikan instruksi dengan jelas kepada siswa – siswanya. Apa yang harus
diperhatikan dalam komunikasi yang efektif?
a. Menggunakan bahasa teknis yang sulit
dipahami oleh siswa
b. Mengabaikan pertanyaan atau
kekhawatiran siswa
c. Menggunakan contoh dan illustrasi yang
relevan
d. Menghindari menggunakan media atau
alat bantu komunikasi
3. Seorang guru muda ingin meningkatkan
hasil belajar siswanya. Apa yang perlu dilakukan untuk mengembangkan orientasi
pada hasil?
a. Fokus pada metode pengajaran yang
sesuai dengan gaya belajar siswa.
b. Membiarkan siswa menentukan sendiri
tujuan pembelajaran mereka
c. Mengabaikan hasil evaluasi siswa dan
hanya fokus pada materi yang diajarkan
d. Melupakan pentingnya mengukur kemajuan
siswa
4. Seorang guru muda ingin mengembangkan
diri dan membantu rekan kerjanya dalam mengingkatkan kompetensi. Apa yang dapat
dilakukam untuk mencapai tujuan tersebut?
a. Memprioritaskan kepentingan diri
sendiri daripada pengembangan rekan kerja
b. Menolak untuk berbagi pengetahuan dan
pengalaman dengan rekan kerja
c. Mengikuti pelatihan dan menghindari seminar
yang relevan
d. Tidak peduli dengan kemampuan dan
pengembangan diri rekan kerja
5. Seorang guru pertama diharapkan pada
perubahan kurikullum yang signifikan. Bagaimana cara mengelola perubahan
tersebut?
a. Menolak untuk menerima perubahan dan tetap
mempertahankan metode pengajaran yang lama
b. Melibatkan semua pihak terkait dalam
proses perencanaan dan implementasi perubahan
c. Menghindari komunikasi dengan siswa
dan rekan kerja tentang perubahan tersebut
d. Mengabaikan dampak perubahan dan
proses pembelajaran
6. Seorang guru muda diharapkan pada
situasi diman ia perlu mengambil keputusan penting terkait strategi
pembelajaran. Bagaimana cara yang tepat untuk mengambil keputusan tersebut?
a. Mengandalkan keputusan orang lain
tanpa pertimbangan yang matang
b. Mengabaikan informasi yang relevan dalam
proses pengambilan keputusan
c. Mempertimbangkan berbagai opsi dan
dampak yang mungkin terjadi
d. Mengambil keputusan secara acak tanpa
pertimbangan yang jelas
7. Apa yang harus dilakukan seorang guru
muda untuk memperoleh pengetahuan dan ketrampilan yang diperlukan dalam menjalankan
tugasnya?
a. Melakukan penelitian tentang topik
pendidikan terkini
b. Bergabung dengan organisasi guru di
tingkat nasional
c. Mengikuti pelatihan dan pengembangan
profesional secara teratur
d. Mengandalkan pengalaman kerja saja
8. Apa yang dimaksud dengan refleksi
diri dalam konteks pengembangan profesional seorang guru muda?
a. Mengevaluasi kinerja siswa secara
berkala
b. Merenungkan dan mengevaluasi praktik
pengajaran sendiri
c. Menyusun rencana pembelajaran secara
rinci
d. Membandinkan hasil belajar sisea
dengan sekolah lain.
9. Bagaimana seorang guru muda dapat
meningkatkan hubungan dengan orang tua siswa?
a. Menghindari interaksi dengan orang
tua siswa
b. Mengirimkan laporan perkembangan siswa
secara teratur
c. Mengadakan pertemuan reguler dengan orang
tua siswa
d. Menyalahkan orang tua sisea jika
hasil belajar rendah
10. Perkembangan kognitif merupakan salah
satu aspek yang sangat penting dalam perkembangan peserta didik. Faktor utama
yang mempengaruhi perkembangan kognotif anak adalah …
a. Inspirasi
b. Budaya
c. Instruksi
d. Pengasuhan dan lingkungan
11. Kemampuan berfikir untuk
mengoperasikan kaidah – kaidah logika tapi masih terikat dengan objek – objek bersifat
konkrit merupakan ciri – ciri krmampuan berusia
a. 0 – 2 tahun
b. 2 – 7 tahun
c. 7 – 11/12 tahun
d. 11/12 – 14/15 tahun
12. Kemampuan peserta didik untuk membina
hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan…
a. Kognitif
b. Sosial
c. Emosional
d. Moral
13. Pemecahan masalah dengan cara
perundingan yaitu dengan metode ..
a. Akomodasi
b. Kompromi
c. Kolaborasi
d. Kompetisi
e. Remisi
14. Yang termasuk unsur – unsur kebudayaan
yaitu …
a. Peralatan
b. Bahasa dan tarian
c. Bahasa dan kesenian
d. Trmpat wisata dan sitem keagamaan
15. Menurut E.B Taylor kebudayaan
merupakan ..
a. Kemampuan seluruh anggota masyarakat
b. Seperangkat peraturan san norma
yangmemiliki bersama oleh anggota masyarakat
c. Keseluruhan yang komplek yang didalamnya
terkandung pengetahuan, moral, hukum, adat istiadat yangdi dapat oleh seseorang
d. Hal hal yang bersangkutan dengan budi
dan akal
e. Hal – hal yang bersangkitan tingkah
laku
Post a Comment for "Soal UKKJ Guru Muda"