Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

SOAL UKKJ GURU MUDA 2

  1. Guru merupakan suatu profesi yang artinya suatu jabatan atau pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru. Suatu profesi memiliki persyaratan tertentu seperti di bawah ini, kecuali ....
    1. Menuntut adanya keterampilan yang mendasarkan pada konsep dan teori ilmu pengetahuan yang mendasar
    2. Memiliki tingkat pendidikan setingkat dasar
    3. Menekankan pada suatu keahlian dalam bisang tertentu sesuai dengan profesinya
    4. Menurut tingkat pendidikan yang memadai.
  2. Menurut Dojonegoro, Profesionalisme dalam suatu pekerjaan atau jabatan ditentukan oleh tiga faktor penting di bawah ini, kecuali ....
    1. Memiliki keahlian khusus yang dipersiapkan oleh program pendidikan keahlian atau spesialisasi
    2. Kemampuan untuk memperbaiki kemampuan (keterampilan dan keahlian khusus) yang dimiliki
    3. Memiliki tujuan yang jelas dalam berkarir yang tercermin dalam perencanaan yang dibuat untuk masa depannya
    4. Penghasilan yang memadai sebagai imbalan terhadap keahlian yang dimiliki itu
  3. Profesi adalah suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian (expertise) para anggotanya. Artinya pekerjaan itu tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang yang tidak terlatih dan tidak disiapkan secara khusus untuk melakukan pekerjaan itu. Hal ini termasuk dalam jenis: 
    1. Kompetensi Pedagogik 
    2. Kompetensi Kepribadian
    3. Kompetensi Profesional
    4. Kompetensi Sosial
  4. Guru disyaratkan memiliki sifat yang jujurm berbudi luhur, dewasa, beriman, bermoral; kemampuan mengaktualisasikan diri seperti disiplin, tanggung jawab, peka, objektif, luwes, berwawasan luas, dapat berkomunikasi dengan orang lain. Hal tersebut termasuk dalam jenis:
    1. Kompetensi Pedagogik
    2. Kompetensi Kepribadian
    3. Kompetensi Profesional
    4. Kompetensi Sosial
  5. Guru harus memiliki pemahaman akan sifat, ciri peserta didik dan perkembangannya, mengerti beberapa konsep pendidikan yang berguna untuk membantu peserta didik, menguasai beberapa metodologi mengajar yang sesuai dengan bahan dan perkembangan peserta didik, serta menguasai sistem evaluasi yang tepat dan baik yang pada gilirannya semakin meningkatkan kemampuan peserta didik. Hal ini termasuk dalam jenis kompetensi: 
    1. Kompetensi Pedagogik
    2. Kompetensi Kepribadian
    3. Kompetensi Profesional
    4. Kompetensi Sosial Jawaban
  6. Guru heruslah memiliki jati diri sebagai pribadi yang baik, tanggung jawab, terbuka, dan terus mau belajar untuk maju. Hal ini termasuk jenis kompetensi:
    1. Kompetensi Pedagogik
    2. Kompetensi Kepribadian
    3. Kompetensi Profesional
    4. Kompetensi Sosial
  7. Guru wajib memiliki sifat empati pada orang lain, toleransi pada orang lain, memiliki sikap dan kepribadian yang positif serta melekat pada setiap kompetensi yang lain dan mampu bekerja sama dengan orang lain. Hal tersbeut termasuk dalam jenis kompetensi
    1. Kompetensi Pedagogik
    2. Kompetensi Kepribadian
    3. Kompetensi Profesional
    4. Kompetensi Sosial
  8. Menurut laporan dari Jurnal Educational Leadership edisi Maret 1993. guru profesional dituntut memiliki lima hal. Tiga diantaranya tersebut dibawah ini, kecuali
    1. Guru mempunyai relasi yang luas, mampu membangun komunikasi dengan profesi lain
    2. Guru menguasai secara mendalam bahan/materi pelajaran yang diajarkannya serta cara mengajarkannya kepada peserta didik
    3. Guru mempunyai komitmen pada peserta didik dan proses belajarnya
    4. Guru bertanggung jawab memantau hasil belajar peserta didik melalaui berbagai teknik evaluasi muai cara pengamatan dalam perilaku peserta didik sampai tes hasil belajar
  9. Apa yang dimaksud dengan kurikulum pendidikan?
    1. Rencana pembelajaran di sekolah
    2. Daftar bahan ajar yang harus dikuasai siswa
    3. Standar penilaian untuk siswa
    4. Program pendidikan yang mencakup tujuan, isi, dan metode pengajaran
  10. Apa tujuan dari evaluasi pembelajaran?
    1. Menentukan nilai siswa
    2. Mengukur kemampuan siswa dalam menghafal informasi
    3. Menilai efektivitas proses pembelajaran
    4. Membandingkan prestasi siswa dengan siswa lainnya
  11. Apa tujuan dari evaluasi pembelajaran?
    1. Menentukan nilai siswa
    2. Mengukur kemampuan siswa dalam menghafal informasi
    3. Menilai efektivitas proses pembelajaran
    4. Membandingkan prestasi siswa dengan siswa lainnya
  12. Apa tujuan dari evaluasi pembelajaran?
    1. Menentukan nilai siswa
    2. Mengukur kemampuan siswa dalam menghafal informasi
    3. Menilai efektivitas proses pembelajaran
    4. Membandingkan prestasi siswa dengan siswa lainnya
  13. Sebagai seorang guru, bagaimana Anda merencanakan pembelajaran yang efektif?
    1. Menyiapkan bahan ajar yang komprehensif
    2. Mengikuti kurikulum secara ketat
    3. Menyesuaikan metode pengajaran dengan gaya belajar siswa
    4. Memberikan tugas yang sulit kepada siswa
  14. Bagaimana Anda memastikan adanya partisipasi aktif dari siswa dalam pembelajaran?
    1. Menggunakan pendekatan ceramah dalam pengajaran
    2. Menyediakan waktu istirahat yang cukup bagi siswa
    3. Menggunakan strategi interaktif seperti diskusi dan penugasan kelompok
    4. Menekankan kepatuhan siswa terhadap peraturan sekolah
  15. Mengapa penting bagi seorang guru untuk melakukan pengembangan diri secara terus-menerus?
    1. Untuk meningkatkan gaji dan kenaikan pangkat
    2. Untuk mengikuti perkembangan terbaru dalam pendidikan
    3. Untuk mendapatkan pengakuan dari siswa dan rekan kerja
    4. Untuk menghindari tuntutan dari pihak sekolah

Post a Comment for "SOAL UKKJ GURU MUDA 2"