Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Soal Pilihan Ganda PAS Bahasa Indonesia kelas x

Soal 
1 Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisi penjabaran umum/melaporkan sesuatu berupa hasil dari .....
A Pengamatan
B Penilaian
C Koreksi
D Penulisan
E Peluang

2 Berikut ini bukan termasuk kriteria bahasa laporan yaitu .....
A Menarik (indah)
B Logis
C Baku
D Jelas
E Mudah dipahami

3 Perhatikan kalimat berikut!
Menurut riset yang dilakukan oleh Harry Klee dari University of Florida itu, tomat memang tak ditakdirkan untuk disimpan di kulkas.
Sinonim kata yang bercetak miring pada kalimat tersebut yaitu .....
A Penelitian
B Percobaan
C Tafsiran
D Pengamatan
E Pengetahuan

4 Berikut ini yang bukan merupakan kegunaan membuat laporan adalah .....
A Melatih kita untuk berbuat cermat
B Menciptakan dokumen yang dapat dijadikan bahan studi
C Melatih kita untuk selalu bertujuan
D Memudahkan kita dalam berpikir
E Menciptakan bahan diskusi kemasyarakatan

5 Bacalah dengan seksama penggalan laporan berikut!
Industri kecil berskala rumah tangga memang perlu dibina dan dikembangkan hingga menjadi industri erskala menengah. Tanpa campur tangan pemerintah dalam pembinaan dan pengembangannya, dikhawatirkan industri yang dapat menampung tenaga kerja di sekitarnya itu akan hancur karena lemahnya permodalan dan persaingan yang tidak sehat.
Simpulan penggalan laporan tersebut adalah .....
A Industri kecil berskala rumah tangga perlu dikembangkan
B Industri kecil dapat berkembang tanpa campur tangan pemerintah
C Industri kecil dikerjakan oleh warga sekitarnya akan hancur
D Pemerintah perlu membina dan mengembangkan industri kecil
E Industri kecil yang berskala rumah tangga perlu modal

6 Kalimat berikut yang menggunakan prefiks adalah .....
A Pak rian sudah bekerja sepuluh tahun di perusahaan mobil
B Sikapnya sangat egois
C Di desaku banyak lulusan sarjana yang masih pengangguran
D Badanku gemetar ketika melalui tempat itu
E Setiap orang harus mematuhi peraturan itu

7 Berikut yang merupakan kalimat definisi adalah .....
A Harimau (Panthera tigris) digolongkan kedalam mamalia, yaitu binatang yang menyusui. “Kucing esar” itu adalah hewan pemangsa dan pemakan daging
B Kucingku berwarna hitam, matanya bulat dan bersinar
C Harimau dapat mencapai tinggi 1,5 meter, panjang 3,3 meter, dan berat 300 kilogram
D Bulunya berwarna putih dan cokelat keemas-emasan dengan belang atau loreng berwarna hitam
E Kuda mempunyai ekor sepanjang satu meter

8 Bacalah teks berikut dengan seksama!
Untuk mengelola kedua restoran baksonya, Pak Slamet menerapkan pola manajemen yang khas. Semua egiatan restorannya dipercayakan sepenuhnya kepada dua karyawan yang telah benar-benar teruji kejujurannya. Mulai dari belanja bahan mentah, proses produksi, sampai menggaji ke-42 karyawannya didelegasikan kepada kedua asistennya.
Pak slamet kini tinggal di Wonogiri, Solo, Jawa Tengah. Dia seolah dipensiun oleh kedua restorannya. Pengawasan usahanya dilakukan dengan sistem jarak jauh. Cukup sebulan sekali ia mendatangi restorannya.

Penggalan laporan tersebut berisi tentang .....
A Pengelolaan restoran bakso Pak Slamet
B Latar belakang masalah yang diungkapkan penulis
C Rumusan tujuan penulisan laporan
D Kegiatan restoran Pak Slamet dalam kurun waktu tertentu
E Simpulan atas usaha yang dilaksanakan Pak Slamet

9 Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
Senyawa kimia yang disebut sulforaphane yang diperoleh dari brokoli berpotensi besar menurunkan ejala autisme pada sebagian orang yang menderita gangguan ini. Penelitian tersebut dilakukan dalam skala kecil terhadap 40 anak laki-laki dan pria yang mengidap autisme. Mereka berusia antara 13 dan 27 tahun. Selama 18 minggu, 26 partisipan mendapatkan antara 9-27 mg supforaphane setiap hari. Sementara itu, 14 orang mendapatkan plasebo. Penelitian ini sebenarnya terinspirasi dengan studi tahun 2007 yang menunjukkan, ketika anak autis mengalami demam, kemampuan interaksi sosial mereka meningkat.
Dikutip daro Kompas.com, 15 Oktober 2014
Gagasan utama penggalan teks tersebut adalah .....
A Senyawa kimia sulforaphane yang diperoleh dari brokoli berpotensi besar menurunkan gejala autisme
B Partisipan mendapatkan sulforaphane setiap hari
C Penelitian dilakukan terhadap 40 anak laki-laki dan pria yang mengidap autisme
D Usia responden antara 13 tahun dan 27 tahun
E Kemampuan interaksi autis meningkat saat mengalami demam

10 Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
Senyawa kimia yang disebut sulforaphane yang diperoleh dari brokoli berpotensi besar menurunkan ejala autisme pada sebagian orang yang menderita gangguan ini. Penelitian tersebut dilakukan dalam kala kecil terhadap 40 anak laki-laki dan pria yang mengidap autisme. Mereka berusia antara 13 dan 27 ahun. Selama 18 minggu, 26 partisipan mendapatkan antara 9-27 mg supforaphane setiap hari. Sementara itu, 14 orang mendapatkan plasebo. Penelitian ini sebenarnya terinspirasi dengan studi tahun 2007 yang menunjukkan, ketika anak autis mengalami demam, kemampuan interaksi sosial mereka meningkat.
Dikutip daro Kompas.com, 15 Oktober 2014
Isi penggalan teks tersebut adalah .....
A Senyawa sulforaphane berpotensi menurunkan gejala autisme
B Penelitian terinspirasi studi sebelumnya
C Khasiat brokoli
D Brokoli mengandung sulforaphane
E Penelitian terhadap penderita autis


11 Bacalah paragraf berikut dengan seksama!
Senyawa kimia yang disebut sulforaphane yang diperoleh dari brokoli berpotensi besar menurunkan ejala autisme pada sebagian orang yang menderita gangguan ini. Penelitian tersebut dilakukan dalam kala kecil terhadap 40 anak laki-laki dan pria yang mengidap autisme. Mereka berusia antara 13 dan 27 tahun. Selama 18 minggu, 26 partisipan mendapatkan antara 9-27 mg supforaphane setiap hari. Sementara itu, 14 orang mendapatkan plasebo. Penelitian ini sebenarnya terinspirasi dengan studi tahun 2007 yang menunjukkan, ketika anak autis mengalami demam, kemampuan interaksi sosial mereka meningkat.

Dikutip daro Kompas.com, 15 Oktober 2014
Jenis paragraf penggalan teks tersebut adalah .....
A Deduktif
B Induktif
C Campuran
D Narasi
E Deskripsi

12 Struktur teks eksposisi berisikan fakta-fakta yang dapat mendukung pendapat atau prediksi penulis disebut .....

A Argumentasi

B Penjelasan

C Penegasan ulang

D Tesis

E Deskripsi




13 Di bawah ini merupakan struktur teks eksposisi, kecuali .....

A Rangkuman

B Tesis

C Argumen

D Penegasan ulang

E Penutup

14 Bacalah dengan seksama paragraf berikut!

Ada perbedaan antara siswa yang rajin dan siswa yang malas. Kalau siswa yang rajin biasanya akan tanggap saat diberi tugas dan mampu mengerjakannya dengan cepat. Sedangkan siswa yang malas, cenderung apatis (tidak peduli) dan kehilangan motivasi untuk mengerjakan tugas.

Jenis paragraf eksposisi tersebut adalah .....

A Perbandingan

B Identifikasi

C Klasifikasi

D Analisis

E Pengamatan

15 Sumsel mengandalkan satu atlet ski, yakni Indra Hardinata dan berhasil menyumbangkan medali emas.

Konjungsi yang dicetak miring dalam teks eksposisi tersebut berfungsi untuk menyatakan .....

A Penambahan

B Perlawanan

C Pemilihan

D Pendampingan

E Pertentangan

16 Menurut Asnawi, pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional XIX di Jawa Barat, September lalu, Sumsel mengandalkan satu atlet ski, yakni Indra Hardinata, dan berhasil menyumbangkan medali emas. Ia berharap atlet berusia 20 tahun itu bisa menjadi inspirasi dan penyemangat bagi para pelajar yang akan mengikuti kejuaraan bulan depan.

Pronomina yang dicetak miring dalam teks eksposisi tersebut merujuk pada .....

A Asnawi

B Indra Hardinata

C Pekan Olahraga Nasional XIX di Jawa Barat

D Atlet berusia 20 tahun

E Para pelajar

17 Bacalah paragraf berikut ini!

Rabies adalah suatu penyakit menular akut yang menyerang saraf dan susunan syaraf pusat akibat virus rabies yang masuk ke tubuh manusia melalui gigitan hewan penular rabies. Rabies merupakan penyakit yang mematikan. Sebanyak 90 persen kasus rabies pada manusia ditularkan oleh anjing. Sisanya ditularkan oleh kucing, monyet, kelelawar, dan binatang liar lain. Virus rabies termasuk famili Rhabdovirus, genus Lyssa virus sehingga kasus rabies disebut juga kasus Lyssa. Virus ditularkan lewat gigitan langsung masuk ke darah. Di udara berbuka, virus akan mati jika dicuci dengan zat pelarut lemak, misalnya sabun, detergen, dan eter.

Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi teks eksposisi tersebut yaitu .....

A Sebagian besar rabies ditularkan melalui monyet dan kelelawar

B Virus rabies akan mati di udara terbuka jika dicuci dengan zat pelarut lemak, misalnya sabun, detergen, dan eter

C Rabies adalah penyakit menular yang menyerang saraf dan susunan syaraf pusat

D Rabies masuk ke tubuh manusia melalui gigitan hewan penular rabies

E Virus rabies termasuk famili Rhabdovirus

18 Virus ditularkan lewat gigitan langsung masuk ke darah.

Makna kata yang dicetak miring pada kalimat tersebut yaitu .....

A Penyebab dan penular penyakit

B Timbul secara mendadak dan cepat memburuk

C Memerlukan pemecahan segera

D Program ilegal yang dimasukkan ke dalam sistem

E Penyakit yang mematikan

19 Bacalah paragraf berikut ini!

Rabies adalah suatu penyakit menular akut yang menyerang saraf dan susunan syaraf pusat akibat virus rabies yang masuk ke tubuh manusia melalui gigitan hewan penular rabies. Rabies merupakan penyakit yang mematikan. Sebanyak 90 persen kasus rabies pada manusia ditularkan oleh anjing. Sisanya ditularkan oleh kucing, monyet, kelelawar, dan binatang liar lain. Virus rabies termasuk famili Rhabdovirus, genus Lyssa virus sehingga kasus rabies disebut juga kasus Lyssa. Virus ditularkan lewat gigitan langsung masuk ke darah. Di udara berbuka, virus akan mati jika dicuci dengan zat pelarut lemak, misalnya sabun, detergen, dan eter.

Gagasan pokok paragraf tersebut adalah .....

A Rabies adalah penyakit menular yang menyerang saraf dan susunan saraf pusat

B Virus rabies akan mati di udara terbuka jika dicuci dengan zat pelarut lemak, misalnya sabun, detergen, dan eter

C Rabies merupakan penyakit yang mematikan

D Sebanyak 90 persen kasus rabies pada manusia ditularkan oleh anjing

E Virus rabies ditularkan lewat gigitan langsung masuk ke darah

20 Bacalah paragraf berikut ini!

Rabies adalah suatu penyakit menular akut yang menyerang saraf dan susunan syaraf pusat akibat virus rabies yang masuk ke tubuh manusia melalui gigitan hewan penular rabies. Rabies merupakan penyakit yang mematikan. Sebanyak 90 persen kasus rabies pada manusia ditularkan oleh anjing. Sisanya ditularkan oleh kucing, monyet, kelelawar, dan binatang liar lain. Virus rabies termasuk famili Rhabdovirus, genus Lyssa virus sehingga kasus rabies disebut juga kasus Lyssa. Virus ditularkan lewat gigitan langsung masuk ke darah. Di udara berbuka, virus akan mati jika dicuci dengan zat pelarut lemak, misalnya sabun, detergen, dan eter.

paragraf tersebut memberi tahu kepada pembaca bahwa .....

A Virus rabies dapat mati di udara terbuka

B Rabies masuk ke tubuh manusia melalui darah

C Rabies merupakan penyakit menular

D Penyakit rabies ditularkan dari binatang liar

E Rabies disebut juga kasus Lyssa

21 Struktur sebuah anekdot yang berfungsi menunjukkan awal kejadian cerita atau latar belakang bagaimana peristiwa terjadi disebut .....

A Orientasi

B Abstraksi

C Krisis

D Reaksi

E Koda

22 Bacalah teks anekdot ini dengan seksama!

Asal-Usul Lontong Balap

Suatu hari sepulang aksi demonstrasi, perut Lintang dan Nati berbunyi. Melihat penjual lontong balap di pinggir jalan, merekapun datang menghampiri.

Namun saat asyik menikmati terbesit suatu tanya di dalam hati Lintang,”Mbah, kok namanya lontong balap?”

“Dulu Mbah nggak pakai gerobak, Nak. Kuali-kualinya mbah pikul sendiri. Berat. Saking beratnya sampai jalannya cepat-cepat. Lha, orang-orang di pinggir jalan ngelihatnya kaya orang balapan. Jadi dipanggil lontong balap.”

“Tapi kok sekarang masih dipanggil lontong balap, mbah? Kan sudah pakai gerobak?”

“Lho, iya, Nak. Sekarang masih balapan. Balapan sama Satpol PP.”

Latar dalam anekdot tersebut adalah .....

A Di pinggir jalan

B Sebuah warung tegal

C Pusat jajanan

D Pertokoan

E Toko kelontong

23 Bacalah teks anekdot ini dengan seksama!

Asal-Usul Lontong Balap

Suatu hari sepulang aksi demonstrasi, perut Lintang dan Nati berbunyi. Melihat penjual lontong balap di pinggir jalan, merekapun datang menghampiri.

Namun saat asyik menikmati terbesit suatu tanya di dalam hati Lintang,”Mbah, kok namanya lontong balap?”

“Dulu Mbah nggak pakai gerobak, Nak. Kuali-kualinya mbah pikul sendiri. Berat. Saking beratnya sampai jalannya cepat-cepat. Lha, orang-orang di pinggir jalan ngelihatnya kaya orang balapan. Jadi dipanggil lontong balap.”

“Tapi kok sekarang masih dipanggil lontong balap, mbah? Kan sudah pakai gerobak?”

“Lho, iya, Nak. Sekarang masih balapan. Balapan sama Satpol PP.”

Isi dari anekdot tersebut adalah .....

A Nasib pedagang kecil dalam mengais rezeki namun sering menjadi incaran penertiban oleh aparat

B Lontong balap selalu dijual dengan cara dipikul dan pedagangnya berjalan dengan cepat karena berat

C Lintang dan Nati sedang berdemonstrasi menuntut kenaikan upah

D Penjual lontong balap yang sering dikejar-kejar satpol PP

E Asal-usul lontong balap

24 Bacalah teks anekdot ini dengan seksama!

Bikin Undang-Undang

Dodi datang bertandang pada sepupunya yang bernama Allan, ia berdomisili di sebuah kota. Suatu pagi yang lengang Dodi diajak cari sarapan, mereka naik mobil, tentu Allan yang nyopir. Di perempatan jalan, lampu merah menyala, tapi Allan melaju terus, maka itu Dodi menegur sepupunya itu.

Dodi : “Lampu merah, mengapa engkau melaju terus?”

Allan : “Alah, tenang aja, di negeri ini aku bisa bikin undang-undang kok!” (santai)

Dodi : “Bagaimana bisa? Bukankah yang membuat undang-undang itu DPR plus pemerintah?”

Allan : (Meminggirkan mobilnya)

Dodi : “Mengapa minggir?”

Allan : “Mau menjawab pertanyaanmu” (ketus)

Dodi : “Mengapa harus minggir?”

Allan : (Mobil dihentikan, lalu dirogoh saku celananya serta diambil dompetnya yang tebal itu dan ditaruhnya di depan Dodi) “ini jawabannya!”

Dodi : “Oh....!!!!”

Krisis dalam anekdot tersebut adalah .....

A Allan menyatakan bahwa uang bisa membuat undang-undang

B Allan tenang menerobos lampu merah karena di negerinya ia bisa membuat undang-undang

C Dodi datang bertandang pada sepupunya bernama Allan yang berdomisili di sebuah kota

D Allan tetap melajukan mobilnya meski lampu merah di perempatan jalan menyala

E Dodi bertanya kepada Allan mengapa ia meminggirkan mobilnya

25 Bacalah teks anekdot ini dengan seksama!

Bikin Undang-Undang

Dodi datang bertandang pada sepupunya yang bernama Allan, ia berdomisili di sebuah kota. Suatu pagi yang lengang Dodi diajak cari sarapan, mereka naik mobil, tentu Allan yang nyopir. Di perempatan jalan, lampu merah menyala, tapi Allan melaju terus, maka itu Dodi menegur sepupunya itu.

Dodi : “Lampu merah, mengapa engkau melaju terus?”

Allan : “Alah, tenang aja, di negeri ini aku bisa bikin undang-undang kok!” (santai)

Dodi : “Bagaimana bisa? Bukankah yang membuat undang-undang itu DPR plus pemerintah?”

Allan : (Meminggirkan mobilnya)

Dodi : “Mengapa minggir?”

Allan : “Mau menjawab pertanyaanmu” (ketus)

Dodi : “Mengapa harus minggir?”

Allan : (Mobil dihentikan, lalu dirogoh saku celananya serta diambil dompetnya yang tebal itu dan ditaruhnya di depan Dodi) “ini jawabannya!”

Dodi : “Oh....!!!!”

Sindiran anekdot tersebut ditujukan kepada .....

A Penegak hukum

B Anggota DPR

C Presiden

D Polisi

E Pembuat undang-undang

26 Bacalah teks anekdot ini dengan seksama!

Bikin Undang-Undang

Dodi datang bertandang pada sepupunya yang bernama Allan, ia berdomisili di sebuah kota. Suatu pagi yang lengang Dodi diajak cari sarapan, mereka naik mobil, tentu Allan yang nyopir. Di perempatan jalan, lampu merah menyala, tapi Allan melaju terus, maka itu Dodi menegur sepupunya itu.

Dodi : “Lampu merah, mengapa engkau melaju terus?”

Allan : “Alah, tenang aja, di negeri ini aku bisa bikin undang-undang kok!” (santai)

Dodi : “Bagaimana bisa? Bukankah yang membuat undang-undang itu DPR plus pemerintah?”

Allan : (Meminggirkan mobilnya)

Dodi : “Mengapa minggir?”

Allan : “Mau menjawab pertanyaanmu” (ketus)

Dodi : “Mengapa harus minggir?”

Allan : (Mobil dihentikan, lalu dirogoh saku celananya serta diambil dompetnya yang tebal itu dan ditaruhnya di depan Dodi) “ini jawabannya!”

Dodi : “Oh....!!!!”

Fenomena yang melatarbelakangi pembuatan anekdot tersebut adalah .....

A Rendahnya kesadaran tertib berlalu lintas

B Mudahnya mendapatkan lisensi untuk mengemudi

C Maraknya pelanggaran berlalu lintas

D Ringannya hukuman bagi pelanggar hukum

E Penegakan hukum yang tebang pilih

27 Bacalah teks anekdot ini dengan seksama!

Bikin Undang-Undang

Dodi datang bertandang pada sepupunya yang bernama Allan, ia berdomisili di sebuah kota. Suatu pagi yang lengang Dodi diajak cari sarapan, mereka naik mobil, tentu Allan yang nyopir. Di perempatan jalan, lampu merah menyala, tapi Allan melaju terus, maka itu Dodi menegur sepupunya itu.

Dodi : “Lampu merah, mengapa engkau melaju terus?”

Allan : “Alah, tenang aja, di negeri ini aku bisa bikin undang-undang kok!” (santai)

Dodi : “Bagaimana bisa? Bukankah yang membuat undang-undang itu DPR plus pemerintah?”

Allan : (Meminggirkan mobilnya)

Dodi : “Mengapa minggir?”

Allan : “Mau menjawab pertanyaanmu” (ketus)

Dodi : “Mengapa harus minggir?”

Allan : (Mobil dihentikan, lalu dirogoh saku celananya serta diambil dompetnya yang tebal itu dan ditaruhnya di depan Dodi) “ini jawabannya!”

Dodi : “Oh....!!!!”

Pernyataan yang sesuai dengan isi teks anekdot tersebut adalah .....

A Allan tenang melanggar peraturan karena ia memiliki uang dan hukum di negerinya bisa dibeli dengan uang

B Dodi mengemudikan mobil Allan pada suatu pagi yang lenggang

C Allan menegur Dodi karena tetap melajukan mobilnya meski lampu merah menyala

D Allan tenang menerobos lampu merah yang menyala karena jalanan masing lenggang

E Dodi meminta Allan untuk meminggirkan mobilnya

28 Indeks ini disusun setelah PBB melakukan kajian di 188 negara yang antara lain mencakup tingkat kesehatan warga negara di semua tingkatan umur.

Jenis afiksasi kata yang bercetak miring pada kalimat tersebut adalah .....

A Verba

B Nomina

C Adjektiva

D Pronomina

E Adverbia

29 Berikut kalimat yang termasuk fakta adalah .....

A Menlu Retno LP Marsudi berada di Markas PBB, New York, Amerika Serikat

B Indonesia terus mendorong adanya reformasi di tubuh PBB

C Masa jabatan Sekjen PBB Ban Ki-Moon akan segera berakhir

D Indonesia yang bergabung bersama UN70 Initiative memberikan usulan untuk sekjen PBB berikutnya

E Semua anak Indonesia wajib bersekolah

30 Struktur teks anekdot adalah .....

A Abstraksi-orientasi-krisis-reaksi-koda

B Pernyataan umum-deskripsi bagian

C Tesis-argumentasi-penegasan ulang

D Orientasi-argumentasi-penutup

E Pembuka-isi-penutup

31 Nilai dalam hikayat yang berhubungan dengan masalah baik buruk, sopan santun, dan etika antarmanusia disebut nilai .....

A Moral

B Religi

C Sosial

D Psikologi

E Pendidikan

32 Berikut ini termasuk golongan nomina adalah ....

A Pelaut, lautan, pegangan, perumahan

B Mainkan, mainan, memainkan, permainan

C Minuman, makanan, pedagang, berdagang

D Pendengar, persatuan, satuan, bersatu

E Kecilkan, brsaran, pendorong, perselisihan

33 Bacalah kutipan hikayat berikut!

Setelah anak muda mendengar titah baginda, maka dia pun pergilah kepada tolannya. Maka, ujar anak muda, ‘’Hamba disuruh oleh raja menyelam dalam air, mencari cincin jatuh ke dalam sungai, betapa ingin aku mendapatkan dia?” maka, kata tolannya, “Jangan tuan hamba duka cita! Maka, mari kita menghadap raja itu. Hambalah yang mengerjakan pekerjaan itu. Maka, disuruh baginda menunjukkan tempat itu. Maka, tolannya Mukhalis turunlah ke dalam surga itu, serta menjadikan dirinya katak seraya menyelam. Seketika dapatkan cincin itu, maka dia menjadikan dirinya manusia kembali. Maka, cincin itu diberikan kepada anak muda, maka dipersembahkannya kepada duli baginda. Baginda pun terlalu suka cita, lalu diambilnya anak muda itu jadi anaknya.

Karakteristik naskah Melayu Klasik tersebut adalah .....

A Istana sentris, kemustahilan, bahasa Melayu klasik

B Kemustahilan, pelakunya binatang, kesaktian

C Pelakunya binatang, kesaktian, istana sentris

D Kesaktian, istana sentris, rakyat kecil

E Pelakunya binatang, istana sentris, struktur kalimat

34 Bacalah kutipan hikayat berikut!

Setelah anak muda mendengar titah baginda, maka dia pun pergilah kepada tolannya. Maka, ujar anak muda, ‘’Hamba disuruh oleh raja menyelam dalam air, mencari cincin jatuh ke dalam sungai, betapa ingin aku mendapatkan dia?” maka, kata tolannya, “Jangan tuan hamba duka cita! Maka, mari kita menghadap raja itu. Hambalah yang mengerjakan pekerjaan itu. Maka, disuruh baginda menunjukkan tempat itu. Maka, tolannya Mukhalis turunlah ke dalam surga itu, serta menjadikan dirinya katak seraya menyelam. Seketika dapatkan cincin itu, maka dia menjadikan dirinya manusia kembali. Maka, cincin itu diberikan kepada anak muda, maka dipersembahkannya kepada duli baginda. Baginda pun terlalu suka cita, lalu diambilnya anak muda itu jadi anaknya.

Isi kutipan cerita Melayu klasik tersebut mengungkapkan .....

A Kesetiaan seorang sahabat untuk membantu menyelesaikan masalah

B Raja yang menunjukkan kedermawanannya terhadap rakyat

C Kepatuhan rakyat kecil kepada raja karena takut kena hukuman

D Kebiasaan raja-raja zaman dahulu mengangkat anak sebagai hadiah

E Kebiasaan raja-raja memakai cincin warisan dari nenek moyangnya

35 Bacalah kutipan hikayat berikut!

Setelah anak muda mendengar titah baginda, maka dia pun pergilah kepada tolannya. Maka, ujar anak muda, ‘’Hamba disuruh oleh raja menyelam dalam air, mencari cincin jatuh ke dalam sungai, betapa ingin aku mendapatkan dia?” maka, kata tolannya, “Jangan tuan hamba duka cita! Maka, mari kita menghadap raja itu. Hambalah yang mengerjakan pekerjaan itu. Maka, disuruh baginda menunjukkan tempat itu. Maka, tolannya Mukhalis turunlah ke dalam surga itu, serta menjadikan dirinya katak seraya menyelam. Seketika dapatkan cincin itu, maka dia menjadikan dirinya manusia kembali. Maka, cincin itu diberikan kepada anak muda, maka dipersembahkannya kepada duli baginda. Baginda pun terlalu suka cita, lalu diambilnya anak muda itu jadi anaknya.

Hal yang mustahil dalam kutipan hikayat tersebut adalah .....

A Mukhalis mengubah dirinya menjadi katak

B Anak raja memiliki sahabat

C Cincin baginda jatuh ke sungai

D Mukhalis dapat menemukan cincin yang jatuh ke sungai

E Anak raja menyelam mengambil cincin

36 Buku nonfiksi ditulis berdasarkan hasil .....

A Pengalaman

B Karangan

C Imajinasi

D Membayangkan

E Khayalan

37 Kondisi yang paling penting dalam modernisasi pertanian adalah sikap hidup petani. Mengapa demikian? Karena pertanian sebagai pelaku utama dalam kegiatan pertanian dapat dianggap bertanggung jawab terhadap langkah-langkah yang diambilnya.

Paragraf di atas termasuk ke dalam jenis paragraf .....

A Deduktif

B Induktif

C Campuran

D Naratif

E Deskriptif




38 Biografi adalah buku nonfiksi yang berisi .....

A Riwayat hidup seseorang

B Hasil pengamatan

C Hasil observasi

D Pendeskripsian sesuatu

E Hal-hal khayalan




39 Kalimat yang mengandung majas personifikasi adalah .....

A Padang ilalang berbisik ditiup angin

B Ia naik Honda ke sekolah

C Aku tak mau harga diriku diinjak-injak

D Ayahnya terkenal sebagai lintah darat

E Terimalah bingkisan yang tak berarti ini

40 Kalimat yang mengandung majas antonomasia adalah .....

A Si kerdil itu suka mencari barang bekas di lingkungan rumahku

B Pak Hardi adalah anak buah Pak Malik

C Ombak berkejar-kejaran di tepi pantai

D Di sakunya terselip Gudang Garam

E Dasar otak udang, soal seperti itu saja tidak bisa

Post a Comment for "Soal Pilihan Ganda PAS Bahasa Indonesia kelas x "