Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Soal dan Jawaban PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN

soal dan jawaban pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan kelas 12, soal dan jawaban pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan kelas 11 semester 2, soal dan jawaban pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan kelas 11 semester 1, soal dan jawaban pemeliharaan mesin kendaraan ringan kelas 11, soal dan jawaban pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan kelas 12 semester 2, soal essay kelistrikan otomotif beserta jawabannya, soal dan kunci jawaban pemeliharaan kelistrikan sepeda motor, soal kelistrikan otomotif beserta jawabannya.

1 Sumber arus listrik utama pada kendaraan adalah….
A Accu.
B Alternator.
C Starter motor.
D Rotor.
E Semua jawaban diatas benar.
2 Bagian utama baterai nomor 2 dan 3 pada gambar berikut adalah ….



A Separator dan pelat positif
B Terminal negatif dan separator
C Pelat negatif dan positif
D Pelat negatif dan separator
E Separator dan terminal positif
3 Untuk mengukur hambatan sekering posisi pada multitester mengarah ….
A DC 50
B DC Volt
C 1 kilo Ohm
D DC Ampere
E 1 Ohm
4 Untuk mengukur berat jenis accu dipergunakan alat:
A Dial gauge.
B Mikrometer.
C Multimeter.
D Silinder gauge.
E Hydrometer.
5 Sistem Pengisian berfungsi untuk …..
A Sebagai sumber listrik yang menyuplai kebutuhan listrik pada kendaraan saat mesin hidup
B Mengisi listrik pada baterai
C Meningkatkan tenaga putar pada motor starter
D a dan b benar
E a, b, dan c benar
6 Pada Alternator yang berfungsi mengatur tegangan adalah …..
A Distributor
B Rotor
C Kondensator
D Regulator
E Baterai
7 Hasil pengukuran berat jenis elektrolit batere 1,27 dapat disimpulkan bahwa kondisi batere tersebut….
A Kosong
B Penuh
C isi ¾
D isi 2/4
E isi ¼
8 Yang berfungsi sebagai Penyearah arus pada sistem Pengisian adalah …..
A Dioda
B Resistor
C Transistor
D Regulator
E Kondensator
9 Alternator mempunyai bagian-bagian sebagai berikut, kecuali …..
A Stator
B Rotor
C Kipas
D Puli
E Komutator
10 Pada saat kunci kontak posisi On, mesin mati lampu kontrol CHG pada dash board seharusnya :
A Mati.
B Hidup.
C Redup.
D Mati hidup lagi.
E Hidup terus mati.
11 Pada gambar ( A ) angka 1 dihubungkan dengan …..

A L Regulator
B Lampu
C B Regulator
D F Regulator
E Salah semua
12 Bagian yang berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi magnet dan menjadi energi gerak putar pada poros adalah …..
A Yoke core
B Pole core
C Field coil
D Armatur coil
E Overuning clutch
13 Untuk menghindari putaran yang berlebih pada motor starter setelah mesin hidup, maka motor starter dilengkapi dengan komponen …..
A Drive lever
B Magnetic switch
C Plat kontak
D Overuning clutch
E Pinion gear
14 Plat kontak pada selenoid berfungsi untuk menghubungkan …..
A Terminal 30 dengan 50
B Terminal 30 dengan C
C Terminal pull in coil dengan 30
D Terminal hold in coil dengan C
E Terminal pull in coil dengan hold in coil
15 Komponen stater ( drive lever, armature, yoke, stater clutch ) adalah :

A 12, 11,2,6
B 12,3,7,11
C 12,9,10,1
D 1,5,12,4
E 12, 3,8,11
16 Gambar simbol transistor di bawah ini A dan B secara berurutan bernama………

A NPN dan PNP
B PNP dan NPN
C PNP dan PNP
D NPN dan NPN
E PPN dan NNP
17 Pemasangan kabel pada pengujian motor starter dengan menggunakan baterai tanpa adanya beban pada motor listrik adalah …..
A Terminal positif baterai ke terminal C dan 50, sedangkan terminal negatif ke massa
B Terminal positif baterai ke terminal 30 dan 50, sedangkan terminal negatif ke massa
C Terminal positif baterai ke terminal 30 dan 50, sedangkan terminal negatif ke terminal C
D Terminal positif baterai ke terminal 30 dan C, sedangkan terminal negatif ke terminal 50
E Terminal positif baterai ke terminal 50, sedangkan terminal negatif ke terminal C dan massa
18 Cara kerja motor stater pada saat konci kontak “ ON “ adalah :
A Battery – armature – terminal 50 – pull in coil – field in coil – ground.
B Battery – terminal 50 – field ini coil – pull in coil – armature – ground.
C Battery - terminal 50 – pull in coil – field in coil – armature – ground.
D Battery – terminal 50 – armature – pull in coil – field in coil – ground
E Battery – terminal 50 – armature – field in coil – pull in coil – ground.
19 Pada tutup baterai terdapat lubang ventilasi yang berfungsi untuk :
A mengalirkan uap dari sistem pengisian baterai
B membuang kotoran baterai
C mengalirkan uap dari elektrolit baterai
D mengalirkan uap dari terminal baterai
E mengalirkan uap dari kotak baterai
20 Tinggi maksimum pengisian air baterai adalah :
A Lower level
B Upper level
C Side level
D Medium level
E Fair level
21 Bagian komponen motor starter yang berfungsi untuk memegang atau sebagai dudukan brush adalah …..
A Rear housing
B Drive housing
C Drive lever
D Brush holder
E Plunyer
22 Fungsi sistem pengapian adalah …….
A Menghasilkan listrik tegangan tinggi untuk memanaskan ruang penumpang
B Meningkatkan kinerja mesin dengan meningkatkan temperature panas pada Karburator
C Menghasilkan loncatan api listrik pada busi pijar (glow plug) untuk membakar campuran udara dan bensin di dalam ruang bakar pada akhir langkah kompresi
D Menghasilkan loncatan api listrik pada busi (spark plug) untuk membakar campuran udara dan bensin di dalam ruang bakar pada akhir langkah kompresi
E Menghasilkan loncatan api listrik pada busi pijar (glow plug) untuk pemanasan awal pada ruang silinder
23 Di bawah ini yang termasuk komponen sistem pengapian, adalah ……
A Baterai, Kunci kotak, Sekring/Fuse, Ignition Coil, Tahanan Balast, Kapasitor/Kondensator, Kontak platina, Rotor, Alternator, kabel tegangan tinggi, busi, Vacuum advancer
B Battery, Ignition switch, Fuse, Ignition Coil, External resistor, Capacitor/condensor, Breaker point, Rotor, Alternator, High tension cords, Spark plug, Vacuum advancer
C Baterai, Kunci kotak, Sekring/Fuse, Ignition Coil, Tahanan Balast, Kondensator, Kontak platina, Rotor, kabel tegangan tinggi, busi, Vacuum advancer, Centrifugal advancer
D Baterai, Kunci kotak, Sekring/Fuse, Ignition Coil, Tahanan Balast, Evaporator, Kontak platina, Rotor, Alternator, kabel tegangan tinggi, busi, Vacuum advancer
E Battery, Ignition switch, Fuse, Ignition Coil, External resistor, Capacitor/condensor, Breaker point, Rotor, Alternator, High tension cords, Spark plug, Automatic timer
24 Yang berfungsi memutus listrik pada kumparan primer coil untuk menghasilkan induksi tegangan tinggi pada kumpran sekunder coil adalah …..
A Breaker point
B External resistor
C Capacitor/condensor
D High tension cords
E Rotor
25 Berikut adalah gambar sistem pengapian konvensional, bagian yang diberi tandan no 1 disebut dengan …


A Kondensor
B Rotor
C Governor advancer
D Vacuum advancer
E Oktan selector
26 Perhatikan gambar soal No.25. Bagian yang ditunjukkan oleh nomor 2 berfungsi untuk….
A Mencegah loncatan bunga api diantara celah kontak pemutus pada saat kontak mulai membuka.
B Menghubungkan dan memutuskan arus primer agar terjadi induksi tegangan tinggi pada sirkuit sekunder sistem pengapian.
C Membagi dan menyalurkan arus tegangan tinggi ke setiap busi sesuai dengan urutan pengapian.
D Mentransformasikan tegangan baterai menjadi tegangan tinggi ( 5000 – 25.000 Volt ).
E Sebagai penyedia atau sumber arus listrik.
27 Kondensor pada sistem pengapian konvensional mempunyai kapasitas sebesar…..
A 1,0 – 3,0 F
B 0,1 – 0,3 F
C 0,5 – 0,8 F
D 0,1 – 3,0 F
E 3,0 – 5,5 F
28 Sudut dwell adalah …..
A Sudut mulai menutup kontak platina sampai mulai menutup oleh cam berikutnya.
B Sudut mulai membuka kontak platina sampai mulai membuka oleh cam berikutnya.
C Sudut mulai membuka kontak platina sampai mulai menutup oleh cam berikutnya.
D Sudut mulai menutup kontak platina sampai mulai membuka oleh cam berikutnya.
E Sudut membuka kontak platina ditambah sudut menutup kontak platina.
29 Perhatikan gambar di samping ini! Yang ditunjukkan oleh nomor 7 adalah…

A Tumit ebonite.
B Kontak tetap ( wolfram ).
C Lengan kontak pemutus.
D Kontak lepas ( wolfram ).
E Alur penyetel.
30 Pernyataan di bawah ini yang tidak sesuai adalah ……
A Fungsi Cam berfungsi membuka breaker point saat akhir langkah kompresi di tiap silinder
B Condensor berfungsi menyerap loncatan bunga api listrik pada breaker point saat membuka agar tegangan sekunder coil naik
C Vacuum advancer berfungsi memajukan saat pengapian sesuai dengan beban mesin (vacuum pada intake manifold)
D Centrifugal advancer (governor advancer) berfungsi memajukan saat pengapian sesuai dengan putaran mesin
E Rotor berfungsi menstabilkan tegangan tinggi yang dihasilkan ignition coil’
31 Sudut pengapian adalah satu putaran Cam dibagi jumlah silinder,yaitu dimulai dari titik awal pembukaan Breaker point sampai dengan titik awal pembukaan lagi pada Cam berikutnya.Sesuai gambar disamping berapa besarnya sudut pengapian …..

A 60°
B 360°
C 4°
D 90°
E 54°
32 Perhatikan gambar rangkaian motor starter yang belum lengkap di samping !Urutan gambar rangkaian diatas yang benar sesuai arah aliran arus listrik adalah ........

A 1 - 4 - 5 - 2 - 8 - 7
B 1 - 4 - 5 - 2 - 7 - 8
C 3 - 4 - 5 - 2 - 7 - 8
D 3 - 4 - 6 - 2 - 7 - 8
E 3 - 4 - 6 - 5 - 8 - 7
33 Apa yang terjadi pada ignition coil saat Breaker point menutup ?
A Kumparan sekunder melepas arus listrik
B Kumparan primer menjadi magnet
C Terjadi induksi tegangan tinggi pada sekunder
D Busi meloncatkan api listrik
E Terjadi mutual induction
34 Pada saat kontak platina mulai membuka maka arus pada primer coil terputus yang akan terjadi perubahan medan magnet sehingga terjadi induksi tegangan tinggi (mutual induction) pada sekunder coil dan terjadi induksi (self induction) diri pada primer coil. Berapa besarnya induksi diri tersebut.
A 100 - 250 Volt
B 1.000 - 2.500 Volt
C 10.000 - 20.000 Volt
D 300 - 400 Volt
E 3.000 - 4.000 Volt
35 Di bawah ini adalah kelemahan sistem pengapian konvensional bila dibandingkan dengan sistem pengapian electronik, kecuali …..
A Saat pengapian tidak bisa stabil dalam waktu yang lama
B Terjadi erosi pada kontak platina
C Terjadinya arus pengendali primer yang kecil
D Terjadinya penurunan sinyal listrik pada pick-up coil
E Jawaban a, b dan c benar
36 Bila 2 buah batere dengan tegangan dan amper yang sama disambung secara paralel maka hasilnya adalah….
A Tegangannya berubah arusnya tetap.
B Teganganya tetap arusnya bertambah.
C Teganganya bertambah arusnya bertambah.
D Tegangan dan arusnya tetap.
E Tegangan berkurang arusnya bertambah.
37 Apa kepanjangan dari CDI ?
A Contactor Disfungsi Ignition
B Capasitive Discharged Ignition
C Cerier Diferential Ignition
D Centrifugal Discharged Ignition
E Capability Disch Ignation
38 Di bawah ini kriteria kabel tegangan tinggi yang baik untuk digunakan pada rangkaian sistem pengapian, kecuali ….
A Tidak bocor saat menghantarkan listrik tegangan tinggi
B Kuat untuk meredam bunyi pengapian (ignition noise)
C Tidak mudah putus karena getaran mesin
D Tahanan maksimum 24 KΩ
E Harus besar dan tidak mudah bengkok
39 Bila putaran mesin semakin tinggi mengapa saat penyalaan busi perlu dimajukan …
A Agar kompresi tidak bocor
B Memberikan waktu yang cukup agar campuran bahan bakar dan udara terisap maksimal
C Agar sudut dweel tidak berubah-ubah
D Memberikan waktu yang cukup agar busi mampu membakar habis seluruh campuran bensin dan udara.
E Semua jawaban benar
40 Pada sistem pengapian CDI Untuk mengaktifkan kerja SCR pada unit CDI diperlukan komponen pemicu sinyal listrik yang disebut . . .
A Regulator alternator
B Resistor
C Komutator
D Distributor
E Generator fulsa (Fulser)

Post a Comment for "Soal dan Jawaban PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN"