Widget HTML Atas

Soal dan Jawaban Mapel Sasis Kelas XI Jurusan TOT

soal pilihan ganda dan jawaban chasis sepeda motor, soal pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga kendaraan ringan semester 1, soal essay dan jawaban chasis tkr kelas 11, soal essay dan jawaban chasis mobil, soal pemeliharaan sasis kelas 12, soal dan jawaban pemeliharaan sasis, soal dan jawaban pemeliharaan mesin kendaraan ringan kelas 11, soal soal psptkr.

1 Unit kopling yang melakukan pemindahan daya adalah dengan memanfaatkan tenaga hidrolis disebut
A Kopling hidrolis
B Kopling mekanis
C Kopling magnet
D Kopling satu arah
E Kopling sentrifugal
2 Media perantara yang meneruskan tekanan pada pedal kopling ke release fork adalah
A Kawat kopling
B Kawat baja
C Kabel kopling
D Linkage
E Minyak
3 Dalam pemeriksaan pedal kopling yang pertama dilakukan adalah
A Lihat tebal plat kopling
B Ukuran tinggi clutch
C Ukur keausan kopling
D Menyetel pressure lever
E Lihat kelembaban coil spring
4 Tuas pembebas pada komponen kopling sering juga disebut dengan istilah
A Release fork
B Diaphragma
C Release bearing
D Coil spring
E Release silinder
5 Alat yang berfungsi untuk memindahkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin ke roda disebut
A Transmisi
B Kopling
C Power train
D Power window
E Differensial
6 Komponen sistem transmisi yang berfungsi untuk menentukan gear ratio yang berhubungan dengan perubahan percepatan atau momen adalah
A Speed gear
B Input shaft
C Output shaft
D Counter gear
E Reverse idle gear
7 Dua buah gigi saling berkaitan A dan B, jumlah gigi A adalah 15 jumlah gigi B adalah 45. Jika gigi A menggerakkan gigi B maka perbandingan gigi perkaitan gigi tersebut adalah
A 3 : 1
B 1 : 3
C 1 : 1
D 2 : 1
E 1 : 2
8 Bagian dari sistem transmisi manual yang berfungsi untuk mencegah shift fork shaft bergerak maju bersamaan dengan perpindahan gigi
A Interlocking pin
B Chamfer dan lock ball
C Key spring
D Shifting key
E Slotted pin
9 Yang berfungsi untuk memutus dan menghubungkan tenaga putar ke transmisi adalah
A Kopling
B Transmisi
C Flywheel
D Clucth disk
E Push rod
10 Berikut ini gejala-gejala kampas kopling aus, kecuali
A Putaran mesin tinggi
B Tercium bau angus
C Terjadi slip kopling
D Akselerasi loyo
E Aselerasi lemah
11 Tipe propeller shaft dibedakan menjadi dua, yaitu
A Dua joint dan tiga joint
B Basah dan kering
C Joint ganda dan joint tunggal
D Dua joint dan joint ganda
E Tiga joint dan joint tunggal
12 Macam-macam konstruksi penghubung sudut (joint), kecuali
A Penghubung tetap
B Penghubung fleksibel
C Penghubung bola peluru
D Penghubung salip
E Penghubung luncur
13 Fungsi dari penghubung tetap adalah
A Sambungan luar poros penggerak
B Penghubung poros propeller terhadap poros output transmisi
C Perpanjang poros penggerak
D Sambungan dalam poros penggerak
E Pada suspensi independen
14 Kemampuan sudut penghubung fleksibel (flexible joint) adalah
A 150
B 300
C 200
D 600
E 100
15 Berikut cara yang baik dan benar dalam perawatan kopling pada mobil manual agar lebih awet, kecuali
A Melepas kopling secara kasar
B Menggunakan handrem
C Melepas kopling secara halus
D Jangan menggunakan teknik setengah kopling
E Sebaiknya tidak meletakkan kaki secara terus menerus ada kopling
16 Komponen diferensial yang berfungsi untuk membedakan putaran antara roda kiri dan roda kanan adalah
A Diferensial gear
B Final gear
C Hyoid bever gear
D Herical gear
E Ring gear
17 Bagian yang meneruskan putaran dari mesin kepada ring gear adalah
A Drive pinion
B Crown wheel
C Side gear
D Side wheel
E Side pinion
18 Yang bukan termasuk dalam komponen diferensial adalah
A Syncronmesh gear
B Pinion gear
C Ring gear
D Pinion shaft
E Diferensial case
19 Langkah pertama membongkar diferensial case adalah
A Melepas pinion shaft
B Melepas 2 pinion gear
C Melepas batang pin
D Melepas oil seal
E Melepas ring gear
20 Komponen syncronmesh yang berhubungan dengan output shaft melalui spin adalah
A Sleeve hub
B Shifting key
C Clutch hub
D Spring key
E Syncronizering
21 Fungsi dari roda gigi syncronmesh pada transmisi manual adalah
A Menghubungkan dan memindahkan putaran input shaft melalui counter shaft
B Mengatur putaran mesin ke poros propeller
C Menyelaraskan putaran roda gigi
D Merubah kecepatan putaran mesin
E Mengatur putaran pada saat kendaraan belok
22 Keuntungan transmisi otomatis yaitu, kecuali
A Torsi lebih tinggi
B Tidak adanya pedal kopling
C Tidak perlu memindah gigi
D Mudah dalam pengoperasiaan
E Perpindahan dilakukan dengan lembut
23 Tinggi pedal kopling dari lantai adalah
A 156-166 mm
B 156-266 mm
C 156-165 mm
D 166-176 mm
E 156-166 mm
24
Nama komponen yang ditunjukkan angka nomer 3 pada gambar di atas adalah
A Release bearing
B Clutch disc
C Pressure plate
D Release fork
E Coil spring
25
Nama komponen yang ditunjukkan angka nomer 1 pada gambar di atas adalah
A Release fork
B Release bearing
C Pressure plate
D Clutch disc
E Clutch cover
26
Nama komponen yang ditunjukkan huruf D pada gambar di atas adalah
A Torsion damper
B Facing
C Cushion plate
D Clutch hub
E Rivet
27
Nama komponen yang ditunjukkan huruf B pada gambar diatas adalah
A Clutch hub
B Facing
C Cushion plate
D Torsion damper
E Rivet
28
Nama komponen yang ditunjukkan huruf A pada gambar diatas adalah
A Facing
B Rivet
C Cushion plate
D Clutch hub
E Torsion damper
29
Pada gambar diatas menunjukkan clutch cover tipe
A Clutch cover tipe coil spring
B Clutch cover tipe clutch disc
C Clutch cover tipe diapragm spring
D Clutch cover tipe pressure plate
E Clutch cover tipe otomatis
30
Pada gambar di atas menunjukkan clutch cover tipe
A Clutch cover tipe diapragm spring
B Clutch cover tipe clutch disc
C Clutch cover tipe coil spring
D Clutch cover tipe pressure plate
E Clutch cover tipe otomatis
31
Pada gambar diatas menunjukkan pemeriksaan
A Pemeriksaan ketebalan kanvas kopling
B Pemeriksaan kerataan plat kopling
C Pemeriksaan ujung pegas diafragma
D Pemeriksaan kondisi bantalan pilot
E Pemeriksaan run out fly wheel
32
Pada gambar di atas menunjukkan pemeriksaan
A Kekocakkan release bearing
B Kondisi bantalan pilot
C Kerataan release bearing
D Kondisi clutch cover
E Kondisi permukaan relase bearing
33
Pada gambar di atas, komponen kopling ditunjukkan pada gambar
A B
B A
C C
D D
E E
34
Gear ratio pada gambar diatas menunjukkan kendaraan pada saat
A Posisi kendaraan mundur
B Posisi kendaraan netral
C Posisi kendaraan maju
D Posisi kecepatan rendah
E Posisi kecepatan tinggi
35 Gear ratio pada gambar 34, dapat dihitung dengan rumus
A GR= B/A x E/C x D/E
B GR= A/B x E/C x D/E
C GR= A/B x C/E x D/E
D GR= A/B x C/E x E/D
E GR= B/A x E/C x E/D
36
Gear ratio pada gambar diatas menunjukkan kendaraan pada posisi
A Kendaraan saat berjalan maju
B Kendaraan saat berjalan mundur
C Kendaraan saat posisi netral
D Kendaraan saat kecepatan tinggi
E Kendaraan saat kecepatan rendah
37 Pada gambar nomer 36, gear ratio dapat dihitung dengan rumus
A GR = B/A x C/D
B GR = A/B x D/C
C GR = A/B x C/D
D GR = B/A x D/C
E GR = D/C x A/B
38
Pada gambar di atas, komponen yang ditunjukkan oleh huruf A adalah
A Synchronizer ring
B Hub sleeve
C Shift type
D Shift fork type
E Select lever type
39
Pada gambar di atas, komponen yang ditunjukkan oleh huruf D adalah
A Clutch hub
B Hub sleeve
C Shift type
D Shift fork type
E Select lever type
40
Pada gambar diatas merupakan tipe mekanisme pemindah gigi
A Remote control
B Direct control
C Shift type
D Shift fork type
E Select lever type

Post a Comment for "Soal dan Jawaban Mapel Sasis Kelas XI Jurusan TOT"