Widget HTML Atas

soal dan jawaban mapel pkk jurusan ototronik kelas xi



1 Prototipe produk (purwa–rupa produk) adalah
A Penerjemahan konsep teknikal yang berhubungan dengan kebutuhan dan perilaku konsumen
B Bentuk dasar dari sebuah produk
C Menemukan hal-hal yang tidak sesuai dengan konsep yang telah dibuat
D Alat peraga yang mirip produk yang akan dibangun (look–like–models)
E Adalah bentuk efektif dalam mengkomunikasikan konsep produk
2 Berikut tahapan - tahapan prototype, kecuali
A Working model
B Information Transmission
C Pendefinisian produk
D Prototipe produksi (production prototype)
E Qualified production item
3 Apakah fungsi kemasan produk
A Untuk lebih memfokuskan gambaran atau gagasan tema
B Satu alat pemasaran
C Mempertajam pengamatan
D Meminimalisir kesalahan
E Meningkatkan kemampuan koordinasi hasil pengamatan dan keterampilan tangan
4 Pengertian Physical Production adalah
A Melindungi dari hambatan oksigen uap air, debu, dan sebagainya
B Melindungi objek dari suhu, getaran, guncangan, tekanan dan sebagainya
C Kemasan yang tidak dapat ditutup kembali atau akan rusak secara fisik (menunjukkan tanda-tanda pembukaan) sangat membantu dalam pencegahan pencurian
D Benda-benda kecil biasanya dikelompokkan bersama dalam satu paket untuk efisiensi transportasi dan penanganan
E Informasi tentang cara menggunakan transportasi, daur ulang, atau membuang paket produk yang sering terdapat pada kemasan atau label
5 Kemasan yang fungsi utamanya melindungi kelompok kemasan lainnya, seperti misalnya kotak karton untuk wadah kaleng susu, kotak kayu untuk wadah buah-buahan yang dibungkus dan sebagainya adalah
A Kemasan primer
B Kemasan skunder
C Kemasan tersier
D Kemasan kuarter
E Kemasan campuran
6 Pengelompokan komponen-komponen atau bagian-bagian rakitan dalam satu unit yang menjadikan kelompok komponen-komponen tersebut menjadi mudah untuk digantikan atau dipertukarkan, disebut sebagai desain...
A Tertunda
B Moduler
C Katemisasi
D Lancar
E pengelompokan
7 Pendekatan tradisional menunjukkan bahwa teknologi akan ditransfer secara bertahap antara pemasaran, teknis, dan operasi. Proses ini dinamakan proses sekuensial yang berarti bahwa...
A Setiap fungsi menyelesaikan pekerjaannya sendiri-sendiri sebelum berlanjutke tahap berikutnya
B Setiap fungsi menyelesaikan pekerjaannya bersama-sama sebelum berlanjutke tahap berikutnya
C Setiap fungsi menyelesaikan pekerjaannya sendiri-sendiri setelah selesainyatahap berikutnya
D Setiap fungsi menyelesaikan pekerjaannya bersama-sama setelah selesainyatahap berikutnya
E Semua jawaban salah
8 Strategi memproduksi barang dan jasa yang terstandarisasi tetapi memasukkan beberapa tingkatan kastemisasi pada produk atau jasa akhir, disebut..
A Kastemisasi personal
B Kastemisasi massa
C Kastemisasi Individu
D Kastemisasi perusahaan
E Kastemisasi akhir
9 Pengembangan produk baru atau perbaikan produk, merupakan contoh dari tipe inovasi….
A Manajemen
B Produk
C Proses
D Jasa
E Harga
10 Suatu bentuk kesepakatan atau perjanjian antara dua atau lebih pihak untuk berbagi pengetahuan, teknologi, dan sumber daya yang dapat menguntungkan semua pihak yang terlibat, merupakan salah satu bentuk analisis....
A Internal
B Strategik
C Eksternal
D Standar
E Kesepakatan
11 Pengertian Kemasan adalah
A Proteksi produk, perbedaan iklim, prasarana transportasi, dan saluran distribusi yang semua berimbas pada pengemasan
B Desain kreatif yang mengaitkan bentuk, struktur, material, warna, citra, tipografi dan elemen-elemen desain dengan informasi produk agar produk dapat dipasarkan
C Kemasan pada umumnya dibatasi pada perlindungan produk. Namun kemasan juga digunakan sebagai sarana promosional
D Membuka usaha pengolahan limbah plastik menjadi berbagai pot bungus plastik
E Rancangan kasar dari suatu komposisi atau sebagian komposisi dibuat demi kepuasan pribadi
12 Pengertian Gambar garis besar pada sketsa
A Sketsa yang menggunakan beberapa garis saja untuk menampilkan citra suatu sketsa yang sudah selesai
B Sketsa yang membuat garis-garis bentuk sederhana tanpa rincian dan tidak selesai
C Sketsa yang berupa coretan dengan cepat dan kurang terperinci hanya menunjukan bentuk global
D Begitu saja tanpa persiapan. Merupakan gambaran atau lukisan pendahuluan yang kasar, ringan dan semata-mata garis besar
E Unsur yang memiliki peran utama di dalam membentuk komposisi
13 Pengertian Sketsa cepat yaitu
A Sketsa yang membuat garis-garis bentuk sederhana tanpa rincian dan tidak selesai
B Sketsa yang menggunakan beberapa garis saja untuk menampilkan citra suatu sketsa yang sudah selesai
C Sketsa yang berupa coretan dengan cepat dan kurang terperinci hanya menunjukan bentuk global
D Sketsa terdiri dari satu jenis warna, akan tetapi pengaturan komposisi warna pada objek sktesa sangat diperlukan agar memberikan kesan harmonis
E Unsur gelap terang merupakan pelengkap dalam pengkomposisian warna
14 Fungsi atau manfaat Sketsa
A Menggambar garis sekundernya, misalnya melukis kerangka kubus atau kotak dalam keadaan tipis
B Meminimalisir kesalahan
C Membuat kerangka gambar yang terdiri dari garis-garis vertical, horizontal, maupun lengkung secara tipis
D Menebalkan garis sketsa yang sudah benar. Ketebalan sesuai dengan karakter jenis garis yang diinginkan
E Unsur yang memiliki peran utama di dalam membentuk komposisi
15 Berikut adalah contoh inovasi penjualan suatu produk, dimana pengiriman barang dilakukan secara langsung, seperti
A Penjualan secara online, melalui distributor dan agen
B Penjualan secara online, melalui pemesanan lewat telepon dan melalui TV
C Penjualan melalui TV, para sales, dan distributor
D Penjualan melalui distributor besar dan kecil
E Penjual kaki 5
16 Produsen atau pabrik mendistribusikan produknya secara langsung kepada konsumen tanpa menggunakan perantara, merupakan pengertian dari
A Distribusi tidak langsung
B Distribusi online
C Distribusi menggunakan perantara
D Distribusi langsung
E Distributor
17 Pendistribusian suatu produk melalui representative (perwakilan) dan melalui distributor, merupakan contoh dari saluran distribusi
A Langsung
B Sementara
C Permanen
D Tidak langsung
E Opsional
18 Pihak yang menjual produk atau jasa namun biasanya tidak memiliki persediaan sendiri, mereka melakukan pemesanan kepada produsen dan seringkali digunakan pada industri tertentu, misalnya asuransi atau real estate disebut
A Pedagang besar
B Perwakilan
C Pedagang eceran
D Perantara khusus
E Khususon ila rukhi
19 Pada materials management, yang bertanggung jawab atas masuknya bahan baku dan jasa adalah bagian
A Produksi
B Pembelian
C Pengadaan
D Distribusi
E COD
20 Pembeli dapat melihat barang-barang yang dijual melalui internet dan setelah dilakukan pemesanan dan pembayaran, barang akan langsung dikirim ke alamat pembeli, merupakan jenis penjualan yang dilakukan secara
A Melalui distributor
B Online
C Lewat telepon
D Melalui TV
E Koran
21 Salah satu keterbatasan pembelanjaan secara online adalah
A Biaya pemesanan barang melalui internet sangat mahal jika dibandingkan dengan membeli langsung
B Pembeli merasa kurang nyaman karena internet hanya mampu memberikan informasi dan visualisasi produk, bukan secara fisik
C Pemesanannya memakan waktu lama sehingga konsumen merasa jenuh
D Produk yang dipasarkan bisa ditiru oleh para pesaing
E Membeli barang mahal
22 Mode pengiriman barang yang cepat namun sangat mahal serta pengiriman hanya dapat dilakukan dalam jumlah tertentu merupakan ciri pengiriman melalui
A Truck
B Pesawat udara
C Kapal laut
D Kereta api
E Bus patas
23 Kelebihan-kelebihan dari pemilihan mode transportasi jalan darat untuk menyalurkan produk ke konsumen adalah
A Membutuhkan waktu pengiriman yang lama sampai ke konsumen
B Barang dapat dikirim ke hampir semua lokasi dalam pulau
C Biaya yang dikeluarkan sangat mahal
D Hemat biaya dan menguntungkan
E Biasa aja
24 Apa Pengertian Sketsa menurut Linda Murray dan Peter
A Merupakan gambaran atau lukisan pendahuluan yang kasar, ringan dan semata-mata garis besar
B Rancangan kasar dari suatu komposisi atau sebagian komposisi dibuat demi kepuasan pribadi
C Kegiatan menggambar sketsa dapat dianalogikan dengan kegiatan menulis
D Sketsa yang membuat garis-garis bentuk sederhana tanpa rincian dan tidak selesai
E Sketsa yang menggunakan beberapa garis saja untuk menampilkan citra suatu sketsa yang sudah selesai
25 Pengertian Garis – Garis
A Sketsa yang membuat garis-garis bentuk sederhana tanpa rincian dan tidak selesai
B Unsur yang memiliki peran utama di dalam membentuk komposisi
C Rancangan kasar dari suatu komposisi atau sebagian komposisi dibuat demi kepuasan pribadi
D Sketsa yang menggunakan beberapa garis saja untuk menampilkan citra suatu sketsa yang sudah selesai
E Sketsa terdiri dari satu jenis warna, akan tetapi pengaturan komposisi warna pada objek sktesa sangat diperlukan agar memberikan kesan harmonis
26 Pihak yang mendapatkan produk dari pedagang besar dan menjualnya kepada akonsumen disebut
A Grosir
B Pedagang eceran
C Perwakilan
D Perantara khusus
E olshop
27 Untuk mendapatkan keunggulan bersaing, maka yang harus diperhatikan oleh perusahaan adalah
A Memahami kelemahan-kelemahan para pesaing
B Memahami kebutuhan pelanggan di setiap segmen pasar
C Memahami lingkungan perusahaan
D Memahami keunggulan produk pesaing
E Memahami lingkungan pasar
28 Agar kita dapat membuat desain produk dengan benar, maka kita perlu mengenal komponen produk terlebih dahulu. Berikut adalah 3 komponen utama produk, yaitu
A Merek, harga dan manfaat
B Merek, ide dan kemasan
C Merek, ide dan harga
D merek,harga,dan kualitas
E Merek, harga dan kemasan
29 Fase pengembangan produk baru ketika secara fisik produk didesain agar dapat memenuhi kebutuhan pelanggan sekaligus memenuhi spesifikasi teknis disebut fase
A Pengembangan konsep
B Desain produk
C Perencanaan produk
D Pengembangan ide
E pengembangan kualitas
30 Pengertian Efek pencahayaan
A Sketsa terdiri dari satu jenis warna, akan tetapi pengaturan komposisi warna pada objek sktesa sangat diperlukan agar memberikan kesan harmonis
B Unsur gelap terang merupakan pelengkap dalam pengkomposisian warna
C Susunan unsur-unsur dalam seni rupa harus berada pada perbandingan yang tepat agar dihasilkan karya yang pas
D Proteksi produk, perbedaan iklim, prasarana transportasi, dan saluran distribusi yang semua berimbas pada pengemasan
E Rancangan kasar dari suatu komposisi atau sebagian komposisi dibuat demi kepuasan pribadi
31 Apa arti dan tujuan pengujian produk
A Pengujian agar laku
B Pengujian konsep produk, suatu kegiatan yang merupakan salah satu tahap dalam pengembangan produk baru. Sebelum diproduksi dan dipasarkan, produk baru terlebih dahulu diuji untuk mendapatkan umpan balik dari kelompok konsumen yang menjadi sasaran
C Tujuan untuk kesuksesan
D Tujuan untuk beberapa hal oleh produk
E Pengawetan
32 Dengan cara apa pengujian teknis atau technical testing dilakukan
A Dengan cara di masukan kedalam mesin
B Dengan cara membuat prototipe yang merupakan approximation produk akhir
C Dengan acara dicapslock
D A dan B benar
E Dengan cara membuat email lalu dimasukan ke dalam drive
33 sebutkan apa saja metode pengujian produk?kecuali
A Sales-Wave Research
B Manual
C Simulated Test Marketing
D Controlled Test Marketing
E Test Markets
34 Tahap menetapkan dan menentukan urutan-urutan proses produksi dari bahan baku sampai menjadi barang jadi, disebut tahapan
A Dispaching
B Routing
C Follow-up
D Scheduling
E Switcher
35 Penelitian proses produksi dimaksudkan untuk
A Membuang proses produksi
B Memperbaiki proses produksi
C Mempererat silat turahmi
D Mempercantik produk
E Semua benar
36 Apa yang dimaksud dengan seleksi produk
A Menyeleksi keuntungan produk
B Memilih gagasan-gagasan yang terbaik berkaitan dengan pengembangan produk
C Menghilangkan sebuah produk
D Membandingkan produk-produk
E Semua benar
37 Keindahan dapat dihasilkan dari pengolahan material untuk menghasilkan
A Bentuk, lentur
B Bentuk, warna, tekstur
C Warna, cantik, lembut
D Bentuk, kekuatan
E Warna, kekuatan, kelenturan
38 Desain produk hiasan harus memiliki nilai estetik dan
A Keindahan
B Keunikan
C Kemahalan
D Kabaikan
E kekuatan
39 Tahapan produksi secara umum terbagi atas pengolahan bahan atau pembahanan, pembentukan, perakitan dan
A Pemasaran
B Finishing
C Pembentukan
D Painting
E Produk
40 Biaya yang dikeluarkan untuk bahan baku, tenaga kerja dan biaya lain merupakan pengertian dari
A Biaya produksen
B Biaya produksi
C Harga pemasaran
D Pembiayaan bahan
E Semua jawaban salah

Post a Comment for "soal dan jawaban mapel pkk jurusan ototronik kelas xi"