Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

soal dan jawaban PKWU jurusan Multimedia kelas 12

1 Perencanaan produksi memounyai waktu peencanaan yang cukup panjang ( 5 tahun ). Rencana ini digunakan untuk perencanaan sumber daya, seperti penmbahan karyawan atau pengadaan alat produksi, proses peramalan dapat memberikan informasi mengenai besarnya permintaan produk untuk menunjang penyusunan rencana produksi. Mengapa demikian?
A Karena permintaan produk dari hasil peramalan dapat disesuaikan dengan kapasitas produksi yang dimiliki.
B Karena dalam menjabarkan hasil peramalan harus dilakukan dalam bentuk jadwal rencana produksi
C Karena dengan adanya peramalan, suatu perusahaan dapat memenuhi kebutuhan konsumen secukupnya
D Karena peramalan dapat meminimalisir kerugian terhadap suatu perusahaan
E Karena agar rencana dalam pembuatan produk benar benar mendatangkan keuntungan


2 Pada sebuah perusahaan mainan anak, terjadi persaingan yang tidak sehat antar karyawan. Hal ini terlihat ketika beberapa karyawan dari bagian pengemasan hanya bekerja jika ada pimpinannya saja. Persaingan yang negative ini mengakibatkan menurunya kualitas kinerja perusahaan pada umumnya, sehingga diperlukan upaya untuk menjalin kekompakan dan kerjasama yang baik dalam perusahaan. Bagaimana sikap pemimpin perusahaan sebaiknya mengambil keputusan untuk menyelesaikan interen perusahaan tersebut?
A Melakukan koordinasi dengan karyawan agar kondisi kinerja perusahaan kondusif.
B Memberi motivasi pada karyawan dengan melakukan rapat evaluasi selruh anggota perusahaan
C Menindaklanjuti karyawan yang melanggar aturan dengan cara memberi sanksi
D Merubah kebijakan perusahaan agar tercipta keharmonisan antar karyawan
E Memutuskan hubungan kerja pada karyawan yang terlibat persaingan


3 Perencanaan produk dan perencanaan produksi tidak sama antara perusahaan yang baru dengan perusahaan yang telah ada dan memiliki pengalaman, mengapa demikian?
A Karena perusahaan yang lama sudah ada mengetahui apa yang diinginkan konsumen sedangkan perusahaan yang baru belom mengetahui apa yang diinginkan oleh konsumen.
B Karena perusahaan yang lama lebih kaya dan banyak iklan nya dari pada yang baru
C Karena perusahaan yang lama belom bangkrut dan perusahaan yang baru, baru saja memulai perusahaan
D Karena perusahaan yang lama lebih banyak pegawainya sedangkan yang baru lebih sedikit pegawainnya
E Karena perusahaan yang lama menggunakan tenaga tenaga asing sedangkan yang baru menggunakan tenaga lokal


4 Sebelum seorang pengusaha melakukan kegiatan atau produksi, terlebih dahulu membuat produk dan rencana produksinya. Mengapa pengusaha melakukan kegiatan itu?
A Karena perusahaan yang baru pertama kali berdiri belum memiliki pengalaman dan kinerja yang mumpuni dalam mengenai produksi yang di hasilkan sehingga harus melakukan seperti itu.
B Karena perusahaan yang baru belum mempunyai sasaran pasar untuk memasarkan produksi nya
C Karena perusahaan yang baru belum mempunyai pegawai yang tetap dan yang berkualitas sehingga harus melakukan seperti itu
D Agar perusahaan yang dibangun tidak memiliki kerugian yang besar apabila mengalami kebangkrutan
E Agar pengusaha dan perusahaan tidak melakukan hal yang merugikan konsumen


5 Produksi massal memiliki ciri utama seperti : produk yang dihasilkan dalam jumlaH besar, tujuan produksi adalah untuk menguasai pasar, produk dijual dipasar bebas, variasi produk kecil harus ada persediaan untuk memenuhi permintaan tunggu. Bagaimanakah langkah -langkah perusahaan untuk mewujudkan hal diatas?
A Perusahaan terlebih dahulu perlu melakukan analisis pasar tentang situasi dan kondisi pasar, khususnya untuk melihat pesaing.
B Perusahaan membuat produksi yang besar besaran sehingga dapat memenuhi kebutuhan konsumen
C Perusahaan harus memiliki stok produk yang banyak dan menjual dipasar bebas agar konsumen menjumpainya
D Perusahaan harus meneliti dan menganalisis kebutuhan pasar
E Perusahaan meniru poduk yang laris di pasaran


6 Jenis iklan yang ditampilkan pada web pencarian suatu tempat yang hasilnya ditunjukkan pada peta atau solusi pemetaan online seperti google maps adalah...
A Map advertising.
B Floating advert
C Wallpaper advertising
D Iklan banner
E Interstitial banners


7 Yang bukan merupakan bentuk dan sistem pembayaran bukan online adalah...
A Pay per expanding.
B Pay per click
C Pay per action
D Pay per sale
E Pay per lead


8 Salah satu tujuan dari consumer promotion adalah...
A Mendorong konsumen agar bersedia mencoba produk baru.
B Mendorong terjadinya business leads
C Memberikan reward bagi konsumen
D Mendorong konsumen agar memilih merk perusahaan
E Mempromosikan merk perusahaan


9 Ada beberapa jenis iklan display antara lain wallpaper advertising. Mengapa iklan wallpaper advertising sulit untuk di ukur?
A Karena tidak ada klik-tayang atau clickthrough.
B Karena ada klik-tayang
C Karena iklan ini muncul dilapisan atas konten
D Karena iklan ini ditampilkan pada penggunaan jaringan sosial
E Semua benar


10 Untuk mendapat keuntungan lebih besar, sebuah perusahaan melakukan penjualan offline dan online secara bersama. Mengapa demikian?
A Karena penjualan offline dan online yang dilakukan secara bersama merupakan strategi yang efektif bagi perusahaan untuk mendapat laba lebih besar
B Karena penjualan online memiliki banyak kelebihan
C Karena penjualan online lebih mudah dilakukan
D Karena penjualan online lebih baik dari penjualan yang dilakukan secara offline
E Karena penjualan online lebih sederhana


11 Berikut ini yang tidak termasuk etika-etika yang dimiliki wirausaha adalah....
A Modal yang cukup.
B Kewajaran
C Menepati janji
D Memiliki integritas
E Kejujuran


12 Kapabilitas wirausaha sangat ditentukan ketrampilan dan pengetahuan, yang dilengkapi oleh sikap dan motivasi untuk selalu berprestasi membentuk kepribadian wirausaha adalah, konsep modal intellectual yang...
A Capability.
B Competency
C Intellectual capital
D Intellectual capability
E Capacity


13 Bentuk proses produksi dimana unit unit untuk pesanan yang berbeda akan mengikuti urutan yang berbeda melalui stasiun kerja (workstation) yang dikelompokkan berdasarkan fungsinya. Merupakan pengertian dari...
A Job shop.
B batch
C Line flow
D Proyek
E Agile manufacturing


14 Yang bukan termasuk dalam pengendalian proses produksi adalah...
A Pengendalian harga.
B Pengendalian proses produksi
C Pengendalian bahan baku
D Pengendalian tenaga kerja
E Pengendalian kualitas


15 Sebuah restoran makanan cepat saji memiliki berbagai macam menu makanan dan minuman yang disediakan oleh pemilik restoran tersebut. Setelah beberapa lama restoran tersebut mulai sepi dan jarang pelanggan yang datang dikarenakan makanan dan minuman di restoran tersebut kurang menarik. Oleh karena itu pemilik restoran ingin memberikan inovasi terbaru pada menu direstorannya. Mengapa pemilik restoran ingin memberikan inovasi terbaru pada makanan dan minumannya...
A Karena pemilik restoran ingin menarik minat pelanggan.
B Karena pemilik restoran ingin mendapatkan laba yang banyak
C Karena pemilik restoran ingin mencoba inovasi terbaru
D Karena pemilik restoran ingin melihat restorannya ramai
E Karena pemilik restoran ingin menyelesaikan permasalahan yang ada direstorannya


16 Berikut proses penetapan kebijakan kompensasi, kecuali....
A Penetapan standar prestasi.
B Analisis suatu pekerjaan
C Evaluasi pekerjaan
D Survei pengupahan dan standar gaji
E Rencana-rencana pemberian kompensasi


17 Bentuk proses produksi dimana unit-unit untuk pesanan yang berbeda akan mengikuti urutan yang berbeda melalui stasiun kerja(workstation) yang dikelompokkan berdasarkan fungsinya, adalah pengertian dari....
A Job shop.
B Proyek
C Line flow
D Agile manufacturing
E Flexible manufacturing system


18 Menentukan tingkat produksi barang dengan membuat ramalan dengan bantuan statistik dan matematika disebut metode....
A Kuantitatif.
B Sampling
C Deskriptif
D Argumentatif
E Kualitatif


19 Seorang wirausahawan akan berusaha untuk mengerjakan segala sesuatu berdasarkan kekuatan dan kemampuanya sendiri tanpa memikirkan pertolongan orang lain terlebih dahulu mulai pembuatan program sampai pelaksanaanya adalah sikap........................
A Mandiri .
B Teliti
C Mengenal potensi diri
D Manajemen yang baik
E Berpedoman pada program


20 Sebuah perusahaan roti membutuhkan karyawan yang handal dan trampil untuk menciptakan rasa dan bentuk roti yang diinginkan pelanggan,mengapa perusahaan roti memerlukan karyawan yang handal dan terampil.......................
A Untuk menciptakan kualitas roti yang bagus.
B Untuk kepuasan diri sendiri
C Untuk pajangan
D Agar kualitas roti menurun


21 Komunikasi massa dan harus dibayar untuk menciptakan kesadaran(awareness), menanamkan informasi, mengembangkan sikap,atau adanya suatu tindakan yang menguntungkan bagi pengiklanan, merupakan pengertian pengiklanan menurut...
A Muhammad Jaiz
B Freddy Rangkuti
C Dewitya
D J.Paul Peter
E Jerry C Olson


22 Dalam tahap strategi periklanan perlu dilakukan tahapan-tahapan, sebagai berikut kecuali...
A Hack
B Do
C Plan
D Check
E Action


23 Dibawah ini yang bukan termasuk fungsi dari iklan adalah...
A Menentukan target pasar
B Membujuk dan mempengaruhi
C Memberi informasi
D menciptakan kesan(image)
E Memuaskan keinginan


24 Promosi ini menggunakan media masa (TV,RADIO,KORAN,INTERNET,MOBILE PHONES)dimana perusahaan atau pengiklanan membayar advertising agency tertunjuk untuk menempatkan iklan produk atau jasa perusahaan tersebut mengapa demikian ....
A Supaya promosi yang biasanya dilakukan oleh management pusat sebagai upaya membentuk brand image yang diinginkan
B Karena promosi dapat membantu perusahaan dalam memperkenalkan produk yang ditawarkan
C Agar promosi ini digunakan untuk mengomunikasikan kegiatan perusahaan kepada konsumen
D Supaya ada perhatian atau peduli dengan produk perusahaan yang ditawarkan
E Agar hasil dari kegiatan promo yang dilakukan dapat memberikan hasil yang maksimal


25 Berbekal modal yang cukup besar, Rena membuka usaha milo kepal. usahanya ia rintis karena mengikuti tren masyarakat yang sedang menggandrungi minuman ini. tak lama, usaha yang ia rintis mengalami penurunan. karena tak memliki menu andalan lainnya, usaha yang dirintis rena ini. akhirnya tutup.menurutmu,bagaimana agar sebuah bisnis dapat bertahan?
A Membuat dengan berdasarkan masalah dari pelanggan
B Membuat produk yang diminati masyarakat
C Membuat produk dengan mengikuti tren
D Membuat produk tiruan dengan harga yang lebih rendah
E Semua benar


26 Manajemen produksi adalah suatu proses secara berkesinambungan dan efektif menggunakan fungsi-fungsi manajemen untuk mengintegrasikan berbagai sumber daya secara efisien. Mengapa kita harus memerlukan manajemen ?
A Karena manajemen produksi merupakan proses pencapaian dan pemanfaatan sumber daya yang ada guna memproduksi barang/jasa yang berguna untuk mencapai tujuan dan saran organisasi.
B Karena manajemen produksi merupakan system yang saling menunjang untuk tujuan tertentu
C Karena manajemen produksi merupakan perencanaan tentang produk yang akan dibuat
D Karena manajemen produksi menimbulkan kegunaan dari suatu barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan orang banyak
E Karena manajemen produksi merupakan proses perencanaan mempertimbangkan peluang-peluang pengembangan produk
27 Dalam sebuah pengembangan dan perencanaan produk terdapat berbagai hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah asumsi dan batasan. Mengapa asumsi dan batasan diperlukan dalam sebuah pengembangan dan perencanaan produk ?
A Karena asumsi dan batasan diperlukn agar pengembangan teknis dari produk lebih terarah.
B Karena asumsi dan batasan juga penting
C Karena asumsi dan batasan harus ada dalam hal tersebut
D Karena asumsi dan batasan sangat berguna
E Karena asumsi dan batasan membantu dalam hal tersebut
28 Langkah terakhir dari perencanan dan proses strategi, tim-tim seharusnya menanyakan beberapa pertanyaan untuk memperkirakan kualitas hasil dan proses mengapa demikian ?
A Karena pernyataan misi merupakan pegangan untuk tim pengembangan ,suatu reality check harus dilakukan sebelum melalui proses pengembangan.
B Karena dalam sebuah pengembangan dan perencanaan produk terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan
C Karena untuk memberikan petunjuk yang jelas bagi organisasi
D Karena untukmemngelola sumber daya yang berupa perencanaan dari setiap sumber daya yang akan membantu perusahaan
E Karena keputusan suatu produk sangat berkaitan dengan usaha pengembangan produk
29 Seorang wirausahawan membuka usaha pengelolahan limbah plastik. Ketika akan melakukan produksi hal hal apa saja yang harus diperlukan wirausahawan tersebut ?
A Dalam melakukan produksi pengusaha tersebut harus memperhatikan manfaat produk/jasa management produksi, system produksi dan perencanaan produksi.
B Dalam melakukan produksi hal yang diperhatikan adalah manfaat bentuk ( form utility ), manfaat tempat ( place utility ), dan manfaat waktu ( time utility )
C Hal yang diperhatikan adalah jumlah produk, skala produksi dan karakteristik proses produksi
D Mempersiapkan rencana produksi, membuat jadwal penyelesaian, merencanakan produksi dan menyampaikan jadwal penyelesaian
E Merumuskan rencana jangka waktu pendek, melakukan pablikasi produk baru , monitoring hasil, memperbaiki rencana dan meninjau kembali rencana strategis
30 Saat akan memproduksi suatu produk kita harus mengidentifikasi peluang ! Bagaimana cara mengidentifikasi peluang yang ada ?
A 1. Keluhan pelanggan terhadap produk sejenis yang sudah ada
2. Analisis keunggulan dan kelemahan produk pesaing
3. Usulan pelanggan yang dikumpulkan secara otomatis.
B 1. Melihat produk baru
2. Memperbaiki produk yang sudah ada
3. Menganalisis keunggulan dan kelemahan
C 1. Melihat kualitas produk
2. Melihat biaya produksi
3. Menghitung waktu pengembangan produk
D 1. Membuat strategi bersaing
2. Membuat segmentasi pasar
3. Evaluasi peluang produk baru
E 1. Manufaktur produk baru
2. Lingkungan perusahaan
3. Merefleksikan hasil dengan proses
31 Dalam membuat label adapun tahap-tahap dalam membuatnya, yaitu pendesain, desain label dan kemasan, dan pasca desain. Lalu apa saja kegiatan yang dilakukan pada tahap pendesain...
A Data lapangan dan analisis data.
B Analisis data dan membuat konsep yang kreatif
C Data lapangan dan membuat konsep yang kreatif
D Membuat draf dan analisis data
E Data lapangan dan membuat draf
32 Dalam suatu perusahaan harus ada kebersamaan atau kerjasama atasan dan bawahan, begitu juga dalam melakukan suatu promosi. Secara umum promosi terbagi menjadi dua yaitu, above the line promotion dan bellow the line promotion. Mengapa demikian....
A Karena bentuk promosi yang ditetapkan harus dapat menarik minat konsumen dalam membeli produk yang ditukarkan.
B Karena bentuk promosi harus mewah dan menarik
C Karena bentuk promosi harus cepat terjual
D Agar semua produk meningkat kualitasnya
E Karena bentuk promosi yang ditetapkan harus dapat terjual
33 Dalam tahap strategi periklanan perlu dilakukan tahapan-tahapan. Berikut tahap strategi periklanan, kecuali...
A Iklan teks.
B Plan
C DO
D Action
E Check
34 Tujuan dasar program penjualan suatu perusahaan adalah melakukan penjualan yang menguntungkan bagi...
A Atas nama perusahaan.
B Manager
C Direkturi
D Pibadi
E Karyawan
35 Ada beberapa hal yang dijadikan dasar dalam menampilkan iklan konten, yaitu...
A Profil lengkap setiap bagian dari konten berdasarkan popularitas.
B Mencari kata bersesuaian
C Menampilkan link ke konten di website
D Menganalisis halaman website secara berkelanjutan
E Iklan muncul sebelum halaman berikut ditampilkan
36 Berikut yang merupakan manfaat dari uji pasar, yaitu…
A Mengetahui kekurangan produk.
B Pemeriksaan kualitas produk
C Usia panjang produk
D Untuk memberikan penilaian yang lebih rinci tentang peluang sukses produk baru
E Mengidentifikasi berbagai penyesuaian akhir yang diperlukan untuk produk


37 Meminta konsumen untuk memakai suatu produk selama jangka waktu tertentu, kemudian mereka diminta untuk menjawab sejumlah pertanyaan berkaitan dengan…..
A Preferensi dan kepuasan mereka.
B Penelitian produk
C Menetap skala produksi
D Mencari gagasan
E Melakukan seleksi


38 Perusahaan akan menanyakan beberapa hal kepada mereka yang berhubungan dengan awareness dan preferensi mereka terhadap beberapa merek pada jenis produk tertentu adalah metode utama menguji pasar produk konsumen adalah…..
A Simulated test marketing.
B Uji pasar
C Sales ware research
D Controlled test marketing
E Uji preferensi aktual


39 Berikut model yang dapat digunakan pada pengujian pasar, kecuali….
A Product trial.
B Bases
C Assessor
D Litmus
E designor


40 Berikut yang bukan dari pengujian atas prototype, yaitu…
A Potensi kerusakan yang memerlukan penggantian.
B Usia panjang produk
C Tingkat kerusakan produk
D Jadwal pemeliharaan yang tepat
E Usia panjang konsumen

Post a Comment for "soal dan jawaban PKWU jurusan Multimedia kelas 12"