Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

soal pilihan ganda dan jawaban PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN

Soal Pilihan ganda MATA PELAJARAN : PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN

1 Perhatikan gambar berikut !. Jika saklar II dihubungkan maka :

A Lampu 1 menyala redup
B Lampu 2 menyala redup
C Lampu 2 mati, lampu 1 hidup
D Kedua lampu hidup bersama
E Lampu 1 tidak menyala, lampu 2 hidup

2 Bagian utama baterai nomor 2 dan 3 pada gambar berikut adalah ….

A Separator dan pelat positif
B Terminal negatif dan separator
C Pelat negatif dan positif
D Pelat negatif dan separator
E Separator dan terminal positif

3 Daya lampu kepala masing – masing 45 watt. Untuk bisa menyala dengan normal diperlukan tegangan 12 volt, maka kapasitas sekering yang diperlukan ………
A 5 amper
B 7,5 amper
C 10 amper
D 15 amper
E 20 amper

4 Lampu yang menyala pada sistem penerangan berikut ketika tanda A - B dihubungkan adalah ………

A Lampu H
B Lampu L
C Lampu P
D Lampu P dan H
E Lampu H dan L

5 Sistem Pengisian berfungsi untuk …..
A Sebagai sumber listrik yang menyuplai kebutuhan listrik pada kendaraan saat mesin hidup
B Mengisi listrik pada baterai
C Meningkatkan tenaga putar pada motor starter
D a dan b benar
E a, b, dan c benar

6 Pada Alternator yang berfungsi mengatur tegangan adalah …..
A Distributor
B Rotor
C Kondensator
D Regulator
E Baterai

7 Besar tegangan yang dikeluarkan alternator adalah …..
A 10,8 Volt
B 12,8 Volt
C 10 – 12,5 V
D 11,8 – 12,8 V
E 13,8 – 14,8 V

8 Yang berfungsi sebagai Penyearah arus pada sistem Pengisian adalah …..
A Dioda
B Resistor
C Transistor
D Regulator
E Kondensator

9 Gambar dibawah ini, memeriksa …..

A Rotor
B Stator
C Dioda
D Bantalan
E Salah semua

10 Gambar dibawah ini, pemeriksaan …..

A Rotor
B Stator
C Dioda
D Bantalan
E Salah semua

11 Gambar dibawah ini, melakukan pemeriksaan …..

A Rotor
B Stator
C Dioda
D Bantalan
E Salah semua

12 Gambar dibawah ini, pemeriksaan …..

A Rotor
B Stator
C Dioda
D Bantalan
E Salah semua

13 Pada saat kunci kontak “IG” mesin mati, maka lampu charge …..
A Mati
B Menyala
C Menyala terus mati
D Belum menyala
E Salah semua

14 Gambar rangkaian di bawah ini menunjukan cara kerja alternator konvensional pada saat....

A Kunci kontak “ON “ mesin belum berputar
B Mesin hidup putaran rendah
C Mesin hidup putaran sedang
D Mesin hidup putaran tinggi
E Kunci kontak “ON”

15 Komponen stater ( drive lever, armature, yoke, stater clutch ) adalah :

A 12, 11,2,6
B 12,3,7,11
C 12,9,10,1
D 1,5,12,4
E 12, 3,8,11


16 Gambar simbol transistor di bawah ini A dan B secara berurutan bernama………

A NPN dan PNP
B PNP dan NPN
C PNP dan PNP
D NPN dan NPN
E PPN dan NNP

17 Berikut ini adalah pekerjaan yang dilakukan sewaktu memeriksa motor starter, kecuali…
A Pemeriksaan hold in coil .
B Pemeriksaan pull in coil
C Pemeriksaan komutator.
D Pemeriksaan brush
E Pemeriksaan magnetig field.

18 Cara kerja motor stater pada saat konci kontak “ ON “ adalah :
A Battery – armature – terminal 50 – pull in coil – field in coil – ground.
B Battery – terminal 50 – field ini coil – pull in coil – armature – ground.
C Battery - terminal 50 – pull in coil – field in coil – armature – ground.
D Battery – terminal 50 – armature – pull in coil – field in coil – ground
E Battery – terminal 50 – armature – field in coil – pull in coil – ground.

19 Gambar di bawah ini adalah menunujukan cara pemeriksaan :

A Pemerisaan pull in coil.
B Pemeriksaan hold in coil.
C Pemerisaan tahannan switch stater.
D Pemeriksaan kumparan switch stater.
E Pemeriksaan arus stater.

20 Di bawah ini gambar pemeriksaan ( panjang sikat, hubungan ke massa pada field coil dan kopling stater ) ditunjukan pada nomor :

A 2,4,3
B 2,3,1
C 2,1,3
D 2,3,4
E 2, 4,1

21 Perhatikan gambar pemeriksaan komponen motor starter di samping ini !Gambar nomor 1, 3, dan 5 adalah jenis pemeriksaan .......

A Kebocoran kumparan armature, hubungan terbuka kumparan medan, dan diameter komutator.
B Hubungan terbuka armature, hubungan terbuka kumparan medan, dan kebocoran kumparan armature.
C Keovalan komutator, hubungan terbuka kumparan medan, dan hubungan terbuka kumparan armature.
D Kebocoran kumparan armature, hubungan terbuka kumparan medan, dan hubungan terbuka kumparan armature.
E Hubungan terbuka kumparan medan, kebocoran kumparan armature, dan hubungan terbuka kumparan armature.

22 Gambar berikut menunjukkan pemeriksaan ........

A Tahanan kumparan rotor.
B Tahanan kumparan stator.
C Tahanan kumparan stator dan rotor.
D Hubungan singkat kumparan.
E Kebocoran diode.

23 Gambar berikut menunjukkan pengetesan kondisi motor starter pada …

A Test tanpa beban untuk mengetahui arus listrik yang dihasilkan.
B Test tanpa beban untuk mengetahui arus listrik yang diperlukan.
C Test dengan beban untuk mengetahui arus listrik yang diperlukan.
D Test putaran motor starter.
E Test kemampuan baterai.

24 Nomor 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 pada gambar rangkaian regulator alternator berikut ini adalah terminal ……

A N, L, IG, B, F dan E
B N, B, IG, E, F dan L
C N, F, B, E, IG dan L
D N, IG, L, E, F dan B
E N, IG, B, E, F dan L

25 Berikut adalah gambar sistem pengapian konvensional, bagian yang diberi tandan no 1 disebut dengan …


A Kondensor
B Rotor
C Governor advancer
D Vacuum advancer

E Oktan selector
26 Perhatikan gambar soal No.25. Bagian yang ditunjukkan oleh nomor 2 berfungsi untuk….
A Mencegah loncatan bunga api diantara celah kontak pemutus pada saat kontak mulai membuka.
B Menghubungkan dan memutuskan arus primer agar terjadi induksi tegangan tinggi pada sirkuit sekunder sistem pengapian.
C Membagi dan menyalurkan arus tegangan tinggi ke setiap busi sesuai dengan urutan pengapian.
D Mentransformasikan tegangan baterai menjadi tegangan tinggi ( 5000 – 25.000 Volt ).
E Sebagai penyedia atau sumber arus listrik.

27 Kondensor pada sistem pengapian konvensional mempunyai kapasitas sebesar…..
A 1,0 – 3,0 F
B 0,1 – 0,3 F
C 0,5 – 0,8 F
D 0,1 – 3,0 F
E 3,0 – 5,5 F

28 Sudut dwell adalah …..
A Sudut mulai menutup kontak platina sampai mulai menutup oleh cam berikutnya.
B Sudut mulai membuka kontak platina sampai mulai membuka oleh cam berikutnya.
C Sudut mulai membuka kontak platina sampai mulai menutup oleh cam berikutnya.
D Sudut mulai menutup kontak platina sampai mulai membuka oleh cam berikutnya.
E Sudut membuka kontak platina ditambah sudut menutup kontak platina.

29 Perhatikan gambar di samping ini! Yang ditunjukkan oleh nomor 7 adalah…

A Tumit ebonite.
B Kontak tetap ( wolfram ).
C Lengan kontak pemutus.
D Kontak lepas ( wolfram ).
E Alur penyetel.

30 Akibat jika kita menyetel celah platina yang terlalu kecil adalah..
A Sudut dwell kecil.
B Sudut dwell tetap.
C Sudut dwell tidak berubah.
D Sudut dwell berubah-ubah.
E Sudut dwell besar.

31 Perhatikan gambar sistem rangkaian pengapian baterai tidak lengkap di samping !Urutan rangkaian yang benar pada gambar diatas sesuai aliran arus listrik adalah :

A 11 – 8 – 9 – 1 – 2 – 4 – 6 – 3 – 5 – 7
B 11 – 8 – 9 – 1 – 2 – 4 – 3 – 6 – 5 – 7
C 11 – 8 – 9 – 1 – 4 – 2 – 6 – 3 – 5 – 7
D 11 – 8 – 9 – 1 – 2 – 4 – 3 – 5 – 6 – 7
E 11 – 8 – 9 – 2 – 1 – 4 – 3 – 6 – 5 - 7

32 Perhatikan gambar rangkaian motor starter yang belum lengkap di samping !Urutan gambar rangkaian diatas yang benar sesuai arah aliran arus listrik adalah ........

A 1 - 4 - 5 - 2 - 8 - 7
B 1 - 4 - 5 - 2 - 7 - 8
C 3 - 4 - 5 - 2 - 7 - 8
D 3 - 4 - 6 - 2 - 7 - 8
E 3 - 4 - 6 - 5 - 8 - 7

33 Bila angka oktan bahan bakar rendah , perlu menepatkan saat pengapian dengan cara …..
A Memutar oktan selektor ke arah A
B Memutar oktan selektor ke arah R
C Memutar rumah distributor
D Menyetel celah platina
E Menyetel sudut dwell

34 Perbedaan sistem pengapian komputer dibanding dengan sistem pengapian elektronik konvensional (TCI) terletak pada :
A Pengaturan saat pengapian
B Pengaturan urutan pengapian
C Tinggi tegangan sekundernya
D Besar tahanan primer koilnya
E Pengaturan sudut dwell

35 Di bawah ini adalah kelemahan sistem pengapian konvensional bila dibandingkan dengan sistem pengapian electronik, kecuali …..
A Saat pengapian tidak bisa stabil dalam waktu yang lama
B Terjadi erosi pada kontak platina
C Terjadinya arus pengendali primer yang kecil
D Terjadinya penurunan sinyal listrik pada pick-up coil
E Jawaban a, b dan c benar

36 Di bawah ini adalah kelebihan sistem pengapian electronik bila dibandingkan dengan sistem pengapian konvensional, kecuali …..
A Daya pengapian lebih besar
B Arus pengendali lebih besar
C Perawatan lebih mudah
D Tidak memerlukan kumparan primer pada coil
E Jawaban a, b dan d benar

37 Apa kepanjangan dari CDI ?
A Contactor Disfungsi Ignition
B Capasitive Discharged Ignition
C Cerier Diferential Ignition
D Centrifugal Discharged Ignition
E Capability Disch Ignation

38 Pada sistem pengapian CDI Untuk mengaktifkan kerja SCR pada unit CDI diperlukan komponen pemicu sinyal listrik yang disebut . .
A Regulator alternator
B Resistor
C Komutator
D Distributor
E Generator fulsa (Fulser)

39 Di bawah ini komponen sistem pengapian CDI, kecuali
A Kunci Kontak
B Capasitor
C Generator Fulsa (fulser
D Timer Voltage
E SCR


40 Pada saat kontak platina mulai membuka maka arus pada primer coil terputus yang akan terjadi perubahan medan magnet sehingga terjadi induksi tegangan tinggi (mutual induction) pada sekunder coil dan terjadi induksi (self induction) diri pada primer coil. Berapa besarnya induksi diri tersebut.
A 100 - 250 Volt
B 1.000 - 2.500 Volt
C 300 - 400 Volt
D 3.000 - 4.000 Volt
E 10.000 - 20.000 Volt


Post a Comment for "soal pilihan ganda dan jawaban PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN"