Widget HTML Atas

RPP Komputer dan Jaringan Dasar KD 3.13 Sumberdaya Berbagi Pakai Pada Jaringan



RPP Komputer dan Jaringan Dasar KD 3.13 Sumberdaya Berbagi Pakai Pada Jaringan rpp komputer dan jaringan dasar rpp kjd k13 rpp pembelajaran daring rpp kjd 2021 rpp berbagi kemendikbud rpp terbaru rpp masa pandemi rpp covid

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)



Sekolah : SMK NEGERI 1 CANDIPURO

Program keahlian : Teknik Komputer dan Informatika

Mata Pelajaran : Komputer dan Jaringan Dasar

Kelas/Semester : X / Genap

Materi : Sumberdaya Berbagi Pakai Pada Jaringan

Alokasi Waktu : 4 x 45 menit



A. Kompetensi Inti

1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

2. Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3. Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.

4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.



B. Kompetensi Dasar dan Indikator

1.1. Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya

1.2. Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam

1.3. Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari

2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi

2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan

3.13 Menerapkan sumber daya berbagi pakai pada jaringan komputer

a. Menjelaskan prinsip sumber daya berbagi pakai (sharing resources) pada jaringan komputer

b. b.Mengklasifikasikan jenis sumber daya berbagi pakai (sharing resources) pada jaringan

4.13 Menentukan cara sumber daya berbagi pakai (sharing resources) pada jaringan komputer

a. Menginstalasi sumber daya berbagi pakai pada jaringan komputer

b. Melakukan sumber daya berbagi pakai (sharing resources) pada jaringan computer

c. Menguji hasil sumber daya berbagi pakai (sharing resources) pada jaringan computer

d. Membuat laporan sumber daya berbagi pakai (sharing resources) pada jaringan komputer



C. Tujuan Pembelajaran

Melalui penjelasan dan praktek sumberdaya berbagi pakai pada jaringan komputer ini diharapkan peserta didik mampu :

1. Menjelaskan prinsip sumber daya berbagi pakai (sharing resources) pada jaringan komputer

2. Mengklasifikasikan jenis sumber daya berbagi pakai (sharing resources) pada jaringan

3. Menentukan cara sumber daya berbagi pakai (sharing resources) pada jaringan komputer

4. Melakukan sumber daya berbagi pakai (sharing resources) pada jaringan komputer

5. Menguji hasil sumber daya berbagi pakai (sharing resources) pada jaringan komputer

6. Membuat laporan sumber daya berbagi pakai (sharing resources) pada jaringan komputer



D. Materi Pembelajaran

• Sumberdaya berbagi pakai

• Prosedur dan teknik instalasi sumberdaya berbagi pakai

• Teknik instalasi sumberdaya berbagi pakai

• Prosedur pembuatan laporan instalasi sumberdaya pakai



E. Metode Pembelajaran

1. Pendekatan : Scintifict learning

2. Strategi : cooperatif learning

3. Model : Problem based learning

4. Metode : Diskusi kelompok, ceramah, tanya jawab dan penugasan



F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

1. Media

a. Power Point

b. Internet



2. alat/Bahan

a. laptop

b. LCD

c. Whiteboard

d. Spidol

e. Komputer

f. Software



3. Sumber Belajar

a. Madcoms, 2003.Dasar teknis instalasi jaringan komputer.Madiun:Penerbit Andi

b. Fauziah,2011.RPL 1 Rekayasa Perangkat Lunak SMK Kelas X, Bogor:Yudhistira




G. Langkah-Langkah Pembelajaran



Pertemuan 3




Kegiatan

Deskripsi

Alokasi

Waktu


A. Pendahuluan

1. Siswa menjawab sapaan guru, berdoa dan mengordinasikan diri siap belajar

2. Guru dan siswa bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya

3. Guru dan siswa bertanya jawab berkaitan dengan identitas diri yang dibutuhkan sebagai warga negara yang baik

4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan penjelasan tentang manfaat menguasai materi pembelajaran

5. Guru menyampaikan pokok-pokok/cakupan materi pembelajaran



15 menit


B. Inti

Mengamati:

1. Mengamati apa saja sumberdaya berbagi pakai pada jaringan komputer

Menanya:

1. Mendiskusikan langkah – langkah sumberdaya berbagi pakai pada jaringan komputer



Mengeksplorasi:

1. Mengeksplorasi pengujian hasil sumberdaya berbagi pakai pada jaringan komputer

2. Mengeksplorasi laporan hasil sumberdaya berbagi pakai pada jaringan komputer



Mengasosiasi:

1. Menyimpulkan tentang cara sumberdaya berbagi pakai pada jaringan komputer



Mengkomunikasikan:

1. Menyampaikan hasil pengamatan dan percobaan melakukan sumberdaya berbagi pakai pada jaringan komputer











150 menit


C. Penutup

1. Siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang telah di pelajari

2. Siswa merefleksikan penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi

3. Siswa mengerjakan evaluasi

4. Siswa menyepakati tugas yang harus dilakukan berkaitan dengan kebutuhan dan spesifikasi dalam membangun jaringan komputer

5. Siswa menyanyikan lagu daerah, berdoa.

15 menit


H. Penilaian

1. Jenis/teknik penilaian

2. Bentuk instrumen dan instrumen

a. Bentuk instrumen

1) Test : Test Uraian

b. Instrumen

1) Test (Terlampir)

3. Pedoman penskoran (Terlampir)

Post a Comment for "RPP Komputer dan Jaringan Dasar KD 3.13 Sumberdaya Berbagi Pakai Pada Jaringan"