Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

RPP Dasar Desain Grafis kelas X Komplit semua kd



RPP Dasar Desain Grafis kelas X Komplit semua kd rpp dasar desain grafis 1 lembar rpp dasar desain grafis daring rpp dasar desain grafis kurikulum 2013 pdf rpp desain grafis 1 lembar rpp desain grafis doc rpp daring dasar desain grafis semester 1 perangkat pembelajaran dasar desain grafis rpp desain grafis percetakan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)



Satuan Pendidikan : SMKN


Mata Pelajaran : Dasar Desain Grafis

BidangKeahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi

Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika

Paket Keahlian : TKJ 1 (Teknik Komputer dan Jaringan)

Kelas / Semester : X / Ganjil

Tahun Pelajaran : 2017/2018

Materi Pokok : Gambar Berbasis Vektor

Pertemuan ke : 5

Alokasi Waktu : 5 x 45 Menit 


A. Kompetensi Inti

KI 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku ( jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsive dan proaktif) dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI 3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan human iora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.



B. Kompetensi Dasar

3.6 Menerapkan perangkat lunak pengolah gambar berbasis vektor

3.7 Menerapkan manipulasi gambar vektor dengan menggunakan fitur efek

3.8 Menerapkan pembuatan desain berbasis gambar vektor

4.6 Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar berbasis vektor

4.7 Memanipulasi gambar vektor dengan menggunakan fitur efek

4.8 Membuat desain berbasis gambar vektor



C. Indikator Pencapaian Kompetensi

1. Memilih perangkat lunak pengolah gambar berbasis vektor

2. Menguji perangkat lunak pengolah gambar berbasis vektor

3. Menetapkan perangkat lunak pengolah gambar berbasis vektor

4. memadukan perangkat lunak pengolah gambar berbasis vektor


D. Tujuan Pembelajaran

1. Dengan praktek dan diskusi kelompok peserta didik dapat memilih perangkat lunak pengolah gambar berbasis vektor

2. Dengan praktek dan diskusi kelompok peserta didik dapat Menguji perangkat lunak pengolah gambar berbasis vector

3. Dengan praktek dan diskusi kelompok peserta didik dapat Menetapkan perangkat lunak pengolah gambar berbasis vector

4. Dengan praktek dan diskusi kelompok peserta didik dapat memadukan perangkat lunak pengolah gambar berbasis vektor



E. Materi Pembelajaran

1. Siswa dapat memilih perangkat lunak pengolah gambar berbasis vektor

2. Siswa dapat Menguji perangkat lunak pengolah gambar berbasis vektor

3. Siswa dapat Menetapkan perangkat lunak pengolah gambar berbasis vector

4. siswa dapat memadukan perangkat lunak pengolah gambar berbasis vektor



F. Metode Pembelajaran

Pendekatan : Saintifik

Model Pembelajaran : discovery

Metode : Diskusi kelompok, tanya jawab, dan penugasan



G. Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1 : 5 JP (5 x 45 menit)



Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Kegiatan awal

Apersepsi :

1. Mengucapkan salam pembuka dilanjutkan berdoa bersama.

2. Mengabsen peserta didik.

3. Mereview materi sebelumnya, dilanjutkan dengan memberikan uraian singkat tentang materi yang akan dibahas selanjutnya.



30 Menit


Kegiatan Inti

1. Mengamati

- Guru menjelaskan tujuan dan proses pembelajaran, Guru mengajukan permasalahan memilih perangkat lunak pengolah gambar berbasis vektor

- Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok

- Peserta didik memberikan tanggapan atas permasalahan yang diajukan oleh guru.







2. Menanya

- Guru memotivasi peserta didik pada masing-masing kelompok untuk menanyakan berkaitan dengan memilih perangkat lunak pengolah gambar berbasis vektor.

- Guru memeriksa hasil kerja peserta didik



3. Mengumpulkan informasi

- Guru mendorong dan membantu peserta didik untuk mengumpulkan informasi (mengeksplorasi) memilih perangkat lunak pengolah gambar berbasis vektor.



4. Mengasosiasi

- Menganalisis data hasil diskusi

- Membuat kesimpulan hasil diskusi



5. Mengkomunikasikan

- Wakil masing – masing kelompok mempresentasikan hasil dari fungsi dan bentuk warna serta praktek di labkom dengan memilih perangkat lunak pengolah gambar berbasis vektor.



180 menit


Kegiatan Akhir

1. Guru dan siswa merefleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan

2. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan doa bersama



15 enit






Pertemuan 2 : 5 JP (5 x 45 menit)



Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Kegiatan awal

Apersepsi :

1. Mengucapkan salam pembuka dilanjutkan berdoa bersama.

2. Mengabsen peserta didik.

3. Mereview materi sebelumnya, dilanjutkan dengan memberikan uraian singkat tentang materi yang akan dibahas selanjutnya.



30 Menit


Kegiatan Inti

1. Mengamati

- Guru menjelaskan tujuan dan proses pembelajaran, Guru mengajukan permasalahan Menguji perangkat lunak pengolah gambar berbasis vektor

- Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok

- Peserta didik memberikan tanggapan atas permasalahan yang diajukan oleh guru.



2. Menanya

- Guru memotivasi peserta didik pada masing-masing kelompok untuk menanyakan berkaitan dengan Menguji perangkat lunak pengolah gambar berbasis vektor .

- Guru memeriksa hasil kerja peserta didik



3. Mengumpulkan informasi

- Guru mendorong dan membantu peserta didik untuk mengumpulkan informasi (mengeksplorasi) Menguji perangkat lunak pengolah gambar berbasis vektor



4. Mengasosiasi

- Menganalisis data hasil diskusi

- Membuat kesimpulan hasil diskusi



5. Mengkomunikasikan

- Wakil masing – masing kelompok mempresentasikan hasil dari Menguji perangkat lunak pengolah gambar berbasis vektor .





180 menit


Kegiatan Akhir

1. Guru dan siswa merefleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan

2. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan doa bersama



16 Menit


Pertemuan 3 : 5 JP (5 x 45 menit)



Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Kegiatan awal

Apersepsi :

1. Mengucapkan salam pembuka dilanjutkan berdoa bersama.

2. Mengabsen peserta didik.

3. Mereview materi sebelumnya, dilanjutkan dengan memberikan uraian singkat tentang materi yang akan dibahas selanjutnya.



30 Menit


Kegiatan Inti

1. Mengamati

- Guru menjelaskan tujuan dan proses pembelajaran, Guru mengajukan permasalahan Menetapkan perangkat lunak pengolah gambar berbasis vector

- Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok

- Peserta didik memberikan tanggapan atas permasalahan yang diajukan oleh guru.



2. Menanya

- Guru memotivasi peserta didik pada masing-masing kelompok untuk menanyakan berkaitan dengan Menetapkan perangkat lunak pengolah gambar berbasis vector

- Guru memeriksa hasil kerja peserta didik



3. Mengumpulkan informasi

- Guru mendorong dan membantu peserta didik untuk mengumpulkan informasi (mengeksplorasi) Menguji perangkat lunak pengolah gambar berbasis vektor



4. Mengasosiasi

- Menganalisis data hasil diskusi

- Membuat kesimpulan hasil diskusi



5. Mengkomunikasikan

- Wakil masing – masing kelompok mempresentasikan hasil dari Menguji perangkat lunak pengolah gambar berbasis vektor .





180 menit


Kegiatan Akhir

1. Guru dan siswa merefleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan

2. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan doa bersama



17 Menit




H. Alat, Media dan Sumber Belajar

· Proyektor

· Laptop

· Slide show Materi

· Buku sumber yang terkait

· Papan Tulis

· Internet



I. Evaluasi / Penilaian

1. Teknik Penilaian : Pengamatan, dan Tes Tertulis

2. Prosedur Penilaian

J. Lampiran – lampiran



· Instrumen/butir Soal Pengetahuan (untuk pertemuan 1)

Point

KeteranganAspek Yang Dinilai


layout

Bentuk

warna

Harmonisasi


1

Kurang rapi

Kurang sesuai

Kurang tepat

Kurang harmonis


2

Cukup rapi

Cukup sesuai

Cukup tepat

Cukup harmonis


3

Rapi

Sesuai

Tepat

Harmonis


4

Sangat rapi

Sangat sesuai

Sangat tepat

Sangat harmonis







Post a Comment for "RPP Dasar Desain Grafis kelas X Komplit semua kd"