Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

soal pilihan ganda transmisi teknik otomotif

 1.    Langkah awal untuk memelihara transmisi manual adalah
a.    Pembongkaran mesin
b.    Penyetelan kopling
c.    Pengujian bahan bakar    
d.    Pemeriksaan dan penyetelan
e.    Pengujian system transmisi

2.    Transmisi tipe synchromesh memiliki kontruksi lebih rumit,karena
a.    Komponen pendukungnya sedikit
b.    Komponen pendukungnya hanya satu
c.    Tidak ada komponen pendukung
d.    Komponen pendukungnya banyak
e.    Lebih kecil

3.    Poros input transmisi menerima momen output dari………untuk diteruskan ke poros output.
a.    Input shaft
b.    Transmisi manual
c.    Unit kopling
d.    Input dan output
e.    Poros output

4.    Transmisi terkunci sehingga kendaraan tidak bisa………pada posisi parkir.
a.    Berhenti
b.    Didorong
c.    Berjalan cepat
d.    Berhenti mendadak
e.    Berjalan-jalan

5.    Transmisi otomatis di sebut juga
a.    Transmisi manual
b.    Kopling
c.    Gardan
d.    Transmisi matic
e.    Semua benar

6.    Fungsi dasar transmisi adalah mengubah kecepatan dengan cara menukar
a.    Oli
b.    Kombinasi gigi
c.    Bahan bakar
d.    Solar
e.    Minyak pelumas

7.    Gigi pembalik putaran output disebut juga
a.    Reverse idle gear
b.    Gardan
c.    Output idler
d.    Bumper
e.    Spoiler





8.    Katup pengontrol hidrolik berfungsi sebagai pengatur………menurut  kondisi operasional yang berbeda-beda.
a.    Mekanisme katup
b.    Transmisi
c.    Tekanan minyak
d.    Output tegangan
e.    Oli

9.    Fungsi transmisi adalah meneruskan……….dan daya mesin.
a.    Gaya
b.    Suspensi
c.    Putaran
d.    Momen gaya
e.    Magnet pemutar

10.    Berikut ini bukan termasuk langkah kerja pemeliharaan komponen adalah
a.    Pemberian oli
b.    Pemeriksaan dan penyetelan
c.    Overhoul
d.    Pembersihan komponen
e.    Perbaikan kecil

11.    Langkah awal membongkar poros counter adalah
a.    Melepas planetary sun gear dari poros counter
b.    Mengukur momen awal poros counter
c.    Mengencangkan mur pengunci
d.    Menahan drive pinion
e.    Mengukur momen awal  dari poros counter

12.    Kepanjangan dari API adalah
a.    American Product Institude
b.    American Petroleum Indonesion
c.    American Petroleum Institude
d.    Assosiation Petroleum Indonesion
e.    Assosiation Petroleum Institude

13.    Fungsi ring synchromesh adalah
a.    Untuk menambah kecepatan
b.    Untuk mengurangi kecepatan
c.    Untuk pengereman pada waktu perpindahan antar gigi
d.    Untuk mendukung poros transmisi
e.    Untuk menambah ring transmisi

14.    Kenapa gigi pada transmisi di buat miring
a.    Biar lebih antic
b.    Suaranya lebih halus dan getarannya kecil
c.    Suaranya kasar dan getarannya besar
d.    Pembuatannya lebih mudah
e.    Pemasangannya ke gear box lebih mudah


15.    Pada transmisi otomatis saat sun gear sebagai penggerak,carrier diam danring gear yang digerakkan adalah cara kerja:
a.    Kecepatan rendah  
b.    Kecepatan  mundur
c.    Kecepatan tinggi
d.    Netral  
e.    Parkir

16.    Pada transmisi manual untuk meneruskan putaran mesin ke transmisi digunakan kopling gesek sedangkan pada transmisi otomatis digunakan:
a.    Kopling basah
b.    Single plate
c.    Multi plate
d.    Tourque converter
e.    Kopling otomatis

17.    Salah satu perbedaan transmisi manual dengan transmisi otomatis adalah:
a.    Padatransmisi otomatis tidak terjadi perpindahan momen
b.    Padatransmisi otomatis tidak terjadi  perubahan putaran
c.    Pada  transmisi otomatis tidak terjadi  perubahan arah putaran
d.    Padatransmisi otomatis tidak terdapat kopling
e.    Pada  transmisi otomatis tidak terdapat pedal kopling
18.    Berikut ini adalah pemeriksaan komponen transmisi manual yang menggunakan dial indicator adalah:
a.    Run out output shaft             
b.    Kondisi gigi kecepatan
c.    Celah ring synchromesh
d.    Backlash counter gear
e.    Celah antara garpu pemindah dengan hub sleeve

19.    Jika jumlah gigi pada masing-masing roda gigi  A=4, B=8, C=20, dan  D=5,putaran input adalah 1800 rpm,maka putaran outputnya adalah
(gigi A di poros output,gigi B dan D di poros counter dan gigi C di poros output)
a.    225 rpm        
b.    250 rpm    
c.    200 rpm     
d.    600 rpm   
e.    300 rpm
20.Viskositas adalah
a.    Oli yang hitam
b.    Minyak pelumas yang hitam
c.    Pengecekan oli
d.    Jumlah oli
e.    Indeks kekentalan suatu minyak pelumas



 
II.    Jawablah pertanyaan berikut ini secara singkat dan jelas!
1.    Jelaskan fungsi transmisi pada kendaraan dan apa akibatnya jika kendaraan tidak memiliki transmisi !
2.    Sebutkan komponen-komponen transmisi penggerak belakang ?
3.    Sebutkan 4 kemungkinan trouble pada transmisi ?
4.    Sebutkan tiga fungsi ring synchromesh!
5.    Diketahui: Z1=13 gigi, Z2=26 gigi,Z3=10 gigi,Z4=20 gigi. Putaran awal 1000 rpm, momen input transmisi adalah 20 kg cm.Ditanya :
a.    Gear ratio total!
b.    Putaran output transmisi!
c.    Momen torsi output transmisi!


Post a Comment for "soal pilihan ganda transmisi teknik otomotif"