Widget HTML Atas

Soal dan Jawaban Mapel PMKR Kelas XI

soal dan jawaban pmkr kelas 11 semester 2, soal dan jawaban pmkr kelas 11 2020, soal dan jawaban pkkr kelas 11, soal pmkr kelas 11 2020, soal uas pmkr kelas 11 semester 2, soal pilihan ganda pmkr kelas 11 semester 2, soal pmkr kelas 11 semester 2 2020, soal essay pmkr kelas 11.

1. Mobil model lama (mobil sistem konvensional), masih menggunakan alat ini, yaitu ….
A Radiator
B Alternator
C Saringan udara
D Karburator
E Motor starter
2. Komponen motor bensin yang berfungsi untuk menampung bahan bakar ialah ….
A Tangki
B Pompa bahan bakar
C Saringan bahan bakar
D Karburator
E Radiator
3. Nilai oktan untuk bahan bakar premium ialah …
A 60
B 76
C 88
D 92
E 95
4. Yang bukan merupakan fungsi saringan bahan bakar ….
A Mempertahankan bahan bakar agar bersih dari kotoran
B Menahan kotoran yang terdapat pada bahan bakar
C Membersihkan bahan bakar
D Menyaring kotoran bahan bakar agar menjadi bersih
E B,C, dan D benar
5. Alat pengukur bahan bakar yang dipasang di tangki bahan bakar berfungsi untuk …
A Mengukur kualitas bahan bakar
B Mengukur jumlah bahan bakar
C Dibaca pada meter bensin di dasbor
D A dan C benar
E B dan C benar
6. Nilai oktan pertamax plus ialah ….
A 60
B 76
C 88
D 92
E 95
7. Yang tidak termasuk ke dalam keunggulan Pertamax Plus adalah ….
A lebih bertenaga
B berakselerasi tinggi
C lebih responsive
D bebas ketukan
E Angka oktan rendah
8. Pertamax plus sangat direkomendasikan untuk kendaraan yang memiliki perbandingan kompresi > 10,5 dan yang menggunakan teknologi tinggi seperti VVTi. VVTi merupakan singkatan dari …
A Timing Variable Intelligent
B Variable Valve Timing Intelligent
C Valve Variable Timing Intelligent
D Variable Timing ignition
E Variable Valve timing Ignition
9. Komponen utama motor bensin yang mempunyai fungsi sebagai pengalir bahan bakar ke karburator adalah ….
A Fuel tank
B Fuel injector
C Fuel pump
D Fuel filter
E Venturi
10. Di dalam tangki bahan bakar terdapat alat utama untuk mengukur jumlah bahan bakar, yaitu ….
A Sekat
B Pelampung
C Jarum pelampung
D Subtangki
E Saluran balik
11. Yang tidak termasuk keuntungan sistem EFI adalah ….
A Pembakaran yang terjadi lebih sempurna
B Tenaga motor semakin besar
C Lebih ramah lingkungan
D Bentuk ruang bakar lebih rumit
E Lebih irit bahan bakar
12. Pada jenis sistem EFI D-Jetronik, sinyal udara yang diberikan didasarkan pada tekanan udara pada manifold pemasukan. Alat yang digunakan ialah ….
A Pengukur aliran udara
B Sensor tekanan manifold
C Sensor temperatur manifold
D Sensor temperatur air
E Sensor penyalaan
13. Pada jenis sistem EFI L-Jetronik, sinyal udara yang diberikan didasarkan pada jumlah udara yang masuk pada manifold pemasukan. Alat pengukur yang digunakan ialah ….
A Sensor aliran udara
B Sensor tekanan manifold
C Sensor temperatur manifold
D Sensor temperature air
E Sensor penyalaan
14. Sensor oksigen terletak pada …
A Manifold pemasukan
B Bagian bawah motor bakar antara silinder 2 dan 3
C Manifold buang
D Knalpot
E Radiator
15. Sensor detonasi terletak pada ….
A Manifold pemasukan
B Bagian bawah motor bakar antara silinder 2 dan 3
C Manifold buang
D Knalpot
E Radiator
16. Sensor yang berfungsi untuk mengendalikan kapasitas udara melalui posisi throttle adalah…
A Sensor temperatur udara
B Sensor oksigen
C Sensor posisi throttle
D Sensor detonasi
E Sensor volume udara masuk
17. Sistem yang berfungsi untuk menyuplai bahan bakar pada saat motor bakar berputar pada putaran sedang adalah …
A Sistem pelampung
B Sistem stasioner kecepatan rendah
C Sistem kecepatan tinggi primer
D Sistem kecepatan tinggi sekunder
E Sistem tenaga penyuplai
18. Yang dimaksud dengan campuran ideal adalah ….
A Campuran antara bahan bakar dan udara yang sempurna
B Campuran bahan bakar udara yang memenuhi standar
C Campuran bahan bakar dan udara apabila dibakar kedua unsur sama-sama terbakar habis
D Campuran bahan bakar dan udara yang dinyalakan oleh nyala api busi
E Campuran bahan bakar dan udara murni di dalam silinder
19. Fungsi ECU adalah …
A Menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar
B Mengatur kapasitas bahan bakar yang disemprotkan berdasarkan sinyal-sinyal yang dikirim oleh sensor
C Mengatur kapasitas bahan bakar yang disemprotkan berdasarkan jumlah udara masuk
D Mengatur jumlah udara udara yang masuk melalui manifold pemasukan yang diukur oleh pengukur aliran udara
E Menghitung jumlah dan temperatur udara yang masuk melalui manifold pemasukan
20. Yang dimaksud dengan campuran kaya/ gemuk adalah campuran yang ….
A Mengandung nilai oktan yang tinggi
B Sedikit mengandung timbal
C Sempurna dalam proses pembakarannya
D Lebih banyak mengandung bahan bakar
E Lebih sedikit mengandung udara
21. Mengubah energi panas menjadi energi gerak naik turun ialah fungsi dari ….
A Batang torak
B Silinder
C Poros engkol
D Torak
E Roda gila
22. Jika katup termostat membuka terlalu cepat (kurang dari spesifikasi) akan berakibat …..
A Mesin cepat mencapai temperatur kerja
B Mesin cepat aus
C Mesin mengalami overheating
D Mesin cepat panas
E Mesin susah mencapai temperatur kerja
23. Aspek pemeriksaan pada tali kipas penghubung antara radiator dengan mesin, selain kekencangan ialah ….
A Warna tali kipas
B Merek pabrik
C Retak-retak pada belt/ sabuk
D Kelonggaran
E Fleksibilitas
24. Yang memompa dan mengalirkan bahan bakar dari tangki bahan bakar ke injector adalah ….
A Fuel tank
B Fuel line
C Fuel filter
D Fuel pump
E Fuel pressure regulator
25. Pada EFI control injeksi dilakukan secara elektronik oleh Electronic Control Unit (ECU) berdasarkan jumlah udara yang masuk. Sensor untuk mengukur jumlah udara yang masuk ke dalam silinder adalah Air Flow Meter. Sistem injeksi tersebut adalah tipe ….
A K-jetronik
B Manual
C L-jetronik
D Elektrik
E D-jetronik
26. Bila temperatur minyak pelumas terlalu tinggi maka …
A Daya pelumasan terlalu kental
B Daya lumas akan menurun
C Air pendingin akan mendidih
D Minyak akan menguap dan habis
E Mesin overheating
27. Komponen untuk mengendalikan pengoperasian aktuator-aktuator berdasarkan pada output dari sinyal-sinyal sensor sebagai respon terhadap berbagai kondisi kerja engine yang beragam adalah …
A ACCU
B ECU
C EVI
D EFI
E CPU
28. Sistem EFI yang control injeksinya dilakukan secara elektronik oleh Electronic Control Unit (ECU) berdasarkan jumlah udara yang masuk. Sensor untuk mengukur jumlah udara yang masuk ke dalam silinder adalah Manifold Absolute Pressure Sensor (MAP Sensor). Sistem injeksi demikian adalah tipe ….
A K – jetronik
B D – jetronik
C Manual
D L – jetronik
E Elektrik
29. Pada waktu mesin bensin di tune-up, ada pemeriksaan sistem pelumasan. Pekerjaan pemeriksaan sistem pelumas dilakukan dengan…
A Melihat tinggi oli dengan mendengarkan suara mesin
B Melihat tinggi oli dengan membuka tutup tangka oli
C Melihat tinggi oli dengan membuka tutup kepala silinder
D Melihat tinggi oli dengan membaca stik oli
E Melihat tinggi oli dengan membuka karter
30. Coolant dapat menghilangkan karat dan sekaligus sebagai anti freezing. Apakah penyebab coolant yang seharusnya bekerja pada temperatur – 370 C sampai 1290 C tidak mampu menurunkan panas dengan baik dan membeku ketika temperatur masih – 100 C?
A Temperatur udara sekitar berada di bawah -170 C
B Mesin bekerja terus menerus pada jangka waktu mencapai 24 jam
C Terlalu sering melakukan penggantian air pendingin dan coolant sebelum waktunya
D Masa pemakaian coolant sudah habis dan perlu mengganti air pendingin beserta coolant
E Air pendingin yang digunakan tidak mengandung mineral
31. Saat mengambil panas dari jaket air dan melepas panas ke radiator, aliran air tidak boleh terkena hambatan akibat terjadinya penyumbatan pada saluran. Apakah penyebab terjadinya sumbatan pada saluran jaket air atau radiator sehingga mengakibatkan overheating?
A Coolant yang digunakan terlalu sering diganti
B Air yang digunakan untuk radiator adalah air sumur dan menyebabkan endapan
C Tekanan pompa air terlalu tinggi untuk sirkulasi air
D Thermostat tidak bekerja menutup saluran air
E Udara sekitar berada pada temperature 40 0 C – 50 0 C
32. Pada pekerjaan pemeliharaan mekanisme katup mesin 4 silinder dengan FO 1-3-4-2, bagaimana tahapan penyetelan celah katup yang efisien dan benar?
A Tahap 1 penyetelan saat silinder n0. 1 pada TMA langkah kompresi, tahap 2 penyetelan saat poros engkol telah diputar 180 0
B Tahap 1 penyetelan saat silinder n0. 1 pada TMA langkah kompresi, tahap 2 penyetelan saat poros engkol telah diputar 360 0
C Tahap 1 penyetelan saat silinder no.1 pada TMA, tahap 2 saat silinder no.3 pada TMA, tahap 3 saat silinder no. 4 pada TMA, tahap 4 saat silinder no.2 pada TMA
D Hanya satu tahap penyetelan ketika silinder no.1 pada TMA saja
E Hanya satu tahap penyetelan ketika silinder no.4 pada TMA saja
33. Mesin bahan bakar injeksi berkinerja rendah dan saat tes emisi hasilnya gagal disebabkan adanya masalah pada …
A Coolant temperature sensor dan vehicle speed pulser
B Oxygen sensor dan control unit
C Oxygen sensor dan manifold absolute pressure sensor
D Vehicle speed pulser dan coolant temperature
E Control unit dan manifold absolute pressure sensor
34. Salah satu prosedur pemeriksaan komponen sistem pendingin terlihat seperti pada gambar di bawah. Hasil pengujiannya, komponen sudah bekerja ketika temperatur 78 0 C dengan standar 80 – 84 0C. Apa nama komponen yang diperiksa tersebut dan apa kesimpulan dari hasil yang terukur?

A Thermostat, hasil ukur mengindikasikan gangguan mesin terlalu dingin ketika beroperasi
B Regulator, hasil ukur mengindikasikan gangguan mesin terlalu panas ketika beroperasi
C Reservoir, hasil ukur mengindikasikan perlu dilakukan perlakuan panas pada komponen
D Valve,hasil ukur mengindikasikan perlu dilakukan perlakuan dingin pada komponen
E Radiator, hasil ukuran sesuai spesifikasi dari pabrikan mobil untuk sistem pendingin
35. Gambar di bawah ini mesin dengan menggunakan mekanisme katup tipe ….


A OHV
B OHC
C SOHC
D DOHC
E SV
36. Perhatikan gambar di bawah ini. Termasuk dalam kategori apakah jenis pekerjaan yang dilakukan tersebut?





A Penyetelan celah katup
B Diassembly pompa
C Proses kalibrasi
D Perakitan regulator
E Pengukuran celah spacer
37.

Gambar di atas merupakan tahapan pelaksanaan servis komponen?
A Penyetelan celah katup
B Diassembly pompa
C Proses kalibrasi
D Perakitan regulator
E Pengukuran celah spacer
38. Apa nama komponen sistem pendingin disamping?

A Water pump
B Thermostat
C Reservoir tank
D Upper hose
E Lower hose
39. Apa nama pekerjaan yang dilakukan pada gambar di bawah ini?

A Pemeriksaan kekencangan tali kipas/sabuk/ belt
B Pemeriksaan ketinggian level oli
C Pemeriksaan tekanan kompresi
D Pemeriksaan tekanan tutup radiator
E Penggantian filter oli
40 Apa nama pekerjaan yang dilakukan pada gambar di bawah ini?

A Pemeriksaan kekencangan tali kipas/sabuk/ belt
B Pemeriksaan ketinggian level oli
C Pemeriksaan tekanan kompresi
D Pemeriksaan tekanan tutup radiator
E Penggantian filter oli

Post a Comment for "Soal dan Jawaban Mapel PMKR Kelas XI"